Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Spark 20 Meluncur dengan "Dynamic Island" Mirip iPhone 14 Pro

Kompas.com - 02/12/2023, 08:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Tecno merilis ponsel terbarunya, Tecno Spark 20, Jumat (1/12/2023). Ponsel ini muncul secara diam-diam di situs resmi Tecno Global.

Tecno Spark 20 melengkapi jajaran Spark 20 series yang mencakup model Spark 20C, Spark 20 5G, Spark 20 Pro, dan Spark 20 Pro Plus. Model Spark 20C diluncurkan pada 22 November lalu.

Tecno Spark 20 versi "reguler" ini merupakan penerus dari Tecno Spark 10 yang dirilis juga di pasar Indonesia pada Maret 2023. Sebagai suksesor, Tecno Spark 20 membawa pembaruan seperti modul kamera yang kini berbentuk lubang (punch hole), bukan tetesan air (waterdrop).

Menyoal poni, Tecno Spark 20 memiliki fitur Dynamic Port yang terlihat seperti Dynamic Island milik iPhone 14 Pro. Poni dinamis tersebut bisa berubah ukuran menyesuaikan aktivitas pengguna, misalnya menjadi lebar ketika menerima notifikasi panggilan.

Smartphone terbaru Tecno ini mengusung layar LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.612 piksel), refresh rate 90 Hz, dan rasio layar ke bodi 90 persen.

Baca juga: HP Tecno Phantom V Flip: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Tecno Spark 20 dibekali fitur Smart Refresh 3.0 yang bisa menyesuaikan diri sesuai kondisi layar, seperti ketika dalam kondisi statis dan saat bermain game. Fitur disebut bisa menghemat konsumsi daya sebesar 3 hingga 5 persen.

Di tengah atas layar, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.2) dengan LED flash yang mendukung fitur Dual Colour Temperature Flash, Super Flash Light, dan 2K Video. Dengan Super Flash Light, foto pengguna diseimbangkan agar tidak terlalu cerah dan tidak terlalu gelap.

Bagian punggung Tecno Spark 20 mencakup kamera utama 50 MP (f/1.6), lensa yang mendukung kecerdasan buatan (AI), dan sebuah lampu LED flash.

Konfigurasi kamera ini disusun secara zig-zag dalam modul berbentuk persegi. Susunan ini tampak mirip dengan "kamera boba" iPhone.

Soal jeroan, Tecno Spark 20 diotaki System-on-Chip (SoC) Helio G85. Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup dua unit Cortex-A75 (2 GHz) dan enam unit Cortex-A55 (1,8 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G52 MC2.

Tecno Spark 20GizmoChina Tecno Spark 20
Tecno Spark 20 juga dibekali fitur Aurora Engine yang ditenagai AI, yang diklaim bisa membuka game 85 persen lebih ngebut dan aplikasi 95 persen lebih cepat.

Ada juga Darwin Engine yang diklaim meningkatkan frame rate game hingga delapan kali, dan mengurangi temperatur gawai sekitar empat derajat Celcius. Dengan begitu, pengalaman gaming disebut akan lancar tanpa patah-patah, dan minim panas.

Tecno Spark 20 dibekali RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB. RAM ini dapat diperluas hingga 8 GB dengan fitur Memory Fusion, sehingga total RAM yang dimiliki menjadi 16 GB.

Dengan RAM seperti ini, pengguna bisa membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan.

Untuk daya, ponsel Tecno terbaru ditopang oleh baterai 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast-charging) berdaya 18 Watt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com