Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Umumkan Chipset Helio G91 untuk Smartphone 4G "Entry Level"

Kompas.com - 29/02/2024, 10:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen semikonduktor asal Taiwan, MediaTek, mengumumkan system-on-chip (SoC) terbarunya, MediaTek Helio G91 pada Rabu (28/2/2024). Chipset ini dibuat untuk smartphone 4G entry-level.

Chipset Helio G91 ini membawa peningkatan dari Helio G88 yang diperkenalkan tiga tahun lalu. Dari segi jeroan, Helio G91 sebagian besar memiliki hardware yang sama dengan saudaranya, Helio G88 dan G85.

Adapun konfigurasi prosesor (CPU) octa-core Helio G91 mencakup dua core Arm Cortex-A75 yang berjalan hingga 2,0 GHz untuk tugas-tugas intensif. Kemudian ada enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan clock 1,8 GHz untuk efisiensi. Chipset ini dibekingi pengolah grafis (GPU ARM) Mali-G52 MC2 dengan clock 1,0 GHz.

Helio G91 dibangun dengan fabrikasi 12 nm oleh TSMC. Menurut laporan GizmoChina, konfigurasi tersebut masih sama dengan Helio G88, yang menjaga keseimbangan antara kinerja dan efisiensi daya.

Dukung kamera hingga 108 MP

MediaTek resmi mengumumkan chipset smartphone 4G entry-level terbarunya, Helio G91. Chipset ini mendukung kamera hingga 108 MP, layar FHD Plus 90 Hz, serta dukungan memori LPDDR4x hingga 8GB, serta penyimpanan eMMC 5.1.MediaTek MediaTek resmi mengumumkan chipset smartphone 4G entry-level terbarunya, Helio G91. Chipset ini mendukung kamera hingga 108 MP, layar FHD Plus 90 Hz, serta dukungan memori LPDDR4x hingga 8GB, serta penyimpanan eMMC 5.1.
Salah satu fitur menonjol dari G91 adalah dukungan kameranya yang ditingkatkan. Chipset ini memungkinkan ponsel 4G entry-level memanfaatkan sensor kamera utama hingga 108 MP, menjanjikan foto yang lebih jernih dan detail dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Baca juga: Menjajal Kebolehan Chipset MediaTek Dimensity 9300, Bisa Bikin Video AI Real-time Tanpa Internet

Ini merupakan peningkatan signifikan dari dukungan chipset generasi sebelumnya yang hanya mentok di resolusi kamera 64 MP.

Kemampuan zoom dalam sensor (in-sensor zoom), didukung oleh binning piksel 2,0um. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja kamera dalam kondisi minim cahaya. Selain itu juga untuk menghasilkan bidikan potret lossless dengan detail lebih mulus.

Tak hanya itu, MediaTek juga menyertakan dukungna serangkaian akselerator perangkat keras untuk mendukung fotografi tingkat lanjut, seperti bokeh kamera ganda, stabilisasi gambar elektronik (EIS), dan rolling shutter compensation (RSC) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (29/2/2024).

Chipset Helio G91 juga dilengkapi teknologi gaming HyperEngine yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja pada CPU, GPU, dan memori berdasarkan faktor daya, suhu, dan gameplay secara real-time.

Hal ini untuk memastikan kinerja gameplay lebih lancar. Chipset MediaTek Helio G91 ini juga mendukung konektivitas dual 4G VoLTE dan Wi-Fi 5.

SoC terbaru untuk smartphone 4G entry-level ini mendukung layar resolusi Full HD Plus dengan refresh rate 90 Hz. Helio G91 memiliki dukungan memori LPDDR4x hingga 8GB, serta penyimpanan eMMC 5.1.

Baca juga: MediaTek Bikin Mobil Lebih Pintar dan Penuh Hiburan

Untuk pengemudi, MediaTek Helio G91 dilengkapi mesin navigasi inersia untuk pelacakan lokasi yang akurat di area tanpa layanan GPS. Chipset ini juga dilengkapi kemampuan "voive wakeup" untuk kontrol hands-free, sehingga disebut bisa meningkatkan keselamatan dan kenyamanan.

MediaTek belum mengumumkan ponsel apa saja yang akan ditenagai chipset Helio G91 ini. Namun kemungkinan chipset ini akan mulai dipakai untuk smartphone 4G entry-level mulai akhir tahun ini.

Spesifikasi lengkap chipset MediaTek Helio G91 bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com