Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek dan Meta Bersama Bikin Chip Kacamata Augmented Reality

Kompas.com - 17/11/2023, 15:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, menggandeng pabrikan chip MediaTek untuk bersama-sama mengembangkan chip custom yang akan dipakai di produk kacamata Augmented Reality (AR).

Pengumuman kerja sama kedua perusahaan disampaikan dalam acara MediaTek Summit 2023 yang berlangsung di Laguna Beach, California, Amerika Serikat.

VP MediaTek Vincent Hu menjelaskan bahwa kolaborasi perusahaannya dengan Meta bersifat eksklusif. Artinya, chip buatan MediaTek nantinya hanya akan dipakai di produk-produk kacamata AR Meta saja.

Sementara itu, VP Meta Reality Labs Jean Buofarhat mengatakan bahwa Meta membutuhkan chip baru yang sanggup memberikan performa tinggi dengan konsumsi daya dan latensi rendah, serta bentuk ringkas untuk bisa dimuat di dalam kacamata AR.

Baca juga: Daftar Chip HP MediaTek 2023 dari Bawah hingga Teratas

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Jumat (17/11/2023), Boufarhat pun menyebut MediaTek merupakan "partner kunci" dalam mewujudkan hal itu.

Langkah Meta menggandeng MediaTek terbilang agak mengejutkan. Sebab, sebelum-sebelumnya perusahaan tersebut dikenal dekat dengan Qualcomm saat mengembangkan produk-produk headset Virtual Reality (VR).

Headset VR Meta Quest 3, misalnya, menggunakan chip Snapdragon XR2 Gen 2. Qualcomm juga memiliki lini chip khusus kacamata VR, yakni Snapdragon XR1, tapi Meta lebih memilih untuk bekerja sama dengan MediaTek.

Meta sebenarnya memiliki produk kacamata Ray-Ban yang dibekali kamera serta mikrofon untuk mengirim dan menerima pesan. Namun, produk ini tidak tergolong sebagai kacamata AR.

Kacamata AR bikinan Meta dan MediaTek nantinya diperkirakan bakal memiliki "viewfinder" alias layar kecil built-in untuk memadukan dunia fisik dan virtual layaknya konsep Augmented Reality.

Baca juga: Meta dan LG Mau Bikin Headset AR Murah, Pesaing Apple Vision Pro?

Penggunanya pun bisa melakukan hal-hal seperti memindai kode QR dan membaca pesan. Karena itulah diperlukan chip baru yang bisa mewujudkan kacamata AR dengan bentuk ringkas dan tanpa kabel.

MediaTek belakangan giat masuk ke ranah "metaverse". Tahun lalu, misalnya, pabrikan chip asal Taiwan ini mengumumkan bahwa dua SoC buatannya akan dipakai di produk headset VR PlayStation VR2, untuk layar dan controller.

Meta sendiri belum mengungkap seperti apa produk kacamata ARI masa depan yang bakal ditelurkannya. Hanya disebutkan bahwa "Kacamata AR Meta yang ditenagai MediaTek" akan dirilis di waktu yang akan datang.

Sebelumnya, sempat beredar rumor yang menyebutkan bahwa kacamata pintar dengan viewfinder akan dirilis pada 2025. Sementara, kacamata AR yang lebih matang kemungkinan baru bakal hadir pada 2027.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com