Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ericsson Mobility Report 2024 Ungkap Implementasi 5G Bisa Untungkan Bisnis

Kompas.com - 01/03/2024, 19:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

 

BARCELONA, KOMPAS.com - Ericsson merilis laporan terbarunya mengenai bagaimana perusahaan layanan komunikasi dan operator seluler bisa meningkatkan keuntungan dan bisnis mereka sesuai dengan tren terkini.

Laporan Ericsson Mobility Report (EMR 2024) yang baru-baru ini dirilis memberikan gambaran bahwa teknologi jaringan yang ada saat ini, terutama 5G, bisa dioptimasi semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan.

“Memanfaatkan kemampuan jaringan 5G yang terus berkembang akan sangat penting bagi penyedia layanan untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan. Selain itu, mereka juga bisa menciptakan banyak pemanfaatan dari teknologi tersebut,” ujar Executive Vice President and Head of Networks Ericsson, Fredrik Jejdling.

Baca juga: Ericsson Hadirkan Teknologi RAN Energy Efficiency untuk Telkomsel

Nah, dalam laporan EMR 2024 ini, Ericsson mengumbar empat area atau kategori yang bisa dipelajari para penyedia layanan jaringan seluler (communication service privoder/CSP) supaya bisa mendulang keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Keempat kategori tersebut adalah Enhanced Mobile Broadband (eMBB), Fixed Wireless Access (FWA) and Wireless WAN Opportunities, Diffrentiated Connectivity Solution Opportunities, dan Driving Innovation and Ecosystem Growth.

eMBB adalah kategori yang bisa ditelusuri untuk meningkatkan aspek efisiensi dan performa dari teknologi jaringan 4G.

Ilustrasi bagian dalam booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi bagian dalam booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.

Kemudian FWA dan WAN Opportunites adalah bagaimana perusahaan komunikasi bisa menargetkan area residensial dan enterprise untuk meningkatkan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) dibandingkan layanan seluler biasa.

Selanjutnya, Differentiated Connectivity Solution Opportunities menawarkan penjelasan mengenai bagaimana solusi layanan jaringan yang berbeda dapat mengoptimasi berbagai layanan lainnya yang saling berkesinambungan, baik itu untuk consumer atau enterprise.

Sementara itu, Driving Innovation and Ecosystem Growth merupakan penjelasan bahwa suatu perusahaan komunikasi membutuhkan program dan ekosistem jaringan yang mumpuni, terutama untuk menjajaki potensi bisnis yang ada, serta merambah ke pasar yang lebih luas.

Baca juga: Ericsson dan Indosat Berkolaborasi untuk Dorong Digitalisasi Indonesia

Selain pemaparan empat area teknologi jaringan yang bisa dimanfaatkan para CSP, Ericsson juga mengumbar bagaimana teknologi 5G bisa mengakselerasi perkembangan, produktivitas, serta efisiensi dari suatu kegiatan di sebuah industri.

Di samping itu, EMR 2024 juga memaparkan bagaimana tren 5G Private Networks saat ini bisa ditelusuri lebih lanjut oleh para CSP agar membuka potensi bisnis dan keuntungan baru.

Ada pula penjelasan tentang bagaimana suatu program jaringan alias Network API yang bisa dipakai CSP untuk meningkatan performa jaringan, bisnis, dan strategi operasional mereka. Laporan lengkap Ericsson Mobility Report 2024 bisa dipaca di tauan berikut ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com