Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Watch X Meluncur, Arloji Pintar Kembaran OnePlus Watch 2 dengan OS Ganda

Kompas.com - 01/03/2024, 09:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Oppo

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, bernama Oppo Watch X di Malaysia, pada Kamis (29/2/2024). Oppo Watch X juga akan segera dirilis di Indonesia.

Oppo Watch X merupakan kembaran dari OnePlus Watch 2 yang debut di ajang pameran teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol baru-baru ini. Hal ini terlihat dari segi desain dan spesifikasinya yang sama persis.

Oppo dan OnePlus sendiri merupakan vendor smartphone di bawah naungan BBK Electronics. Karena merupakan satu keluarga, wajar jika ada perangkat yang sama dirilis dalam di brand berbeda. Contoh lain seperti ponsel lipat Oppo Find N3 dan OnePlus Open, keduanya merupakan perangkat yang sama.

Dua chip, dua OS, dua mode

Oppo Watch X meluncur dengan dua OS, dua chip, lebih dari 100 mode latihan, serta beragam pelacakan kesehatan.Oppo Oppo Watch X meluncur dengan dua OS, dua chip, lebih dari 100 mode latihan, serta beragam pelacakan kesehatan.
Yang menarik dari smartwatch Oppo Watch X ini yaitu mengusung konsep Dual Engine Architecture. Arloji pintar ini dibekali dua chipset dan dua sistem operasi (OS) sekaligus.

Pertama, ada chip Snadragon W5 yang berjalan dengan sistem operasi Wear OS. Kedua, ada chip BES2700 yang dipadukan dengan sistem operasi real-time OS (RTOS).

Baca juga: Arloji Pintar OnePlus Watch 2 Meluncur, Pakai Dua Chip dan OS Sekaligus

Dual Engine Architecture ini memungkinkan Oppo Watch X berjalan dalam dua mode, yaitu Smart Mode dan Power Saver Mode.

Ketika Smart Mode diaktifkan, Oppo Watch X berjalan dengan sistem operasi WearOS. Pengguna bisa menjalankan aneka layanan Google termasuk Maps, Assistant, Calendar, Gmail dan lain sebagainya.

Dalam Smart Mode ini, Oppo Watch X disebut bisa bertahan sampai 100 jam dengan penggunaan normal atau sampai 48 jam bila dipakai untuk tugas berat.

Sementara ketika mode Power Saver Mode diaktifkan, Oppo Watch X akan beralih menggunakan sistem operasi RTOS.

Dengan mode ini, pengguna mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang cukup terbatas. Kendati begitu, pengguna masih bisa melacak durasi tidur, memonitor detak jantung, memasang mode olahraga termasuk berenang dan bersepeda, hingga menerima telepon.

Karena fiturnya lebih terbatas, daya tahan yang ditawarkan Power Saver Mode juga lebih lama, yaitu sampai 12 hari.

Adapun kapasitas baterai Oppo Watch X adalah sebesar 500 mAh. Pengisian ulang dayanya didukung fast charging Vooc 7,5 watt. Dengan dukungan itu, baterai smartwatch ini bisa terisi penuh sampai 100 persen dalam 60 menit.

Spesifikasi Oppo Watch X

Tampilan layar Oppo Watch X bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna. Oppo menyediakan 20 opsi tampilan bawaan dan 80 tampilan lain yang bisa diunduh pengguna.Oppo Tampilan layar Oppo Watch X bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna. Oppo menyediakan 20 opsi tampilan bawaan dan 80 tampilan lain yang bisa diunduh pengguna.
Oppo Watch X memiliki desain melingkar dan yang dipoles dengan casing baja tahan karat. Di sisi kanan bodi terdapat tonjolan tombol putar dan tombol Quick Action fisik.

Smartwatch ini dibekali layar AMOLED 1,43 inci yang dilapisi kaca kristal safir (Sapphire Crystal Glass) 2,5D. Menurut Oppo, Sapphire Crystal Glass bisa meningkatkan ketahanan terhadap goresan hingga 50 persen dan meningkatkan ketahanan jatuh hingga 400 persen.

Baca juga: Xiaomi Rilis Watch S3 dan Smart Band 8 Pro untuk Pasar Global

Layar arloji pintar ini mendukung resolusi 466 x 466 piksel, refresh rate 60 Hz, dan tingkat kecerahan maksimum 1.000 nits.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com