Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Speaker HP Mati dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 03/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna untuk mengatasi yang umum terjadi pada HP (handphone). Salah satu panduan itu seperti cara mengatasi speaker HP mati.

Speaker HP mati atau tidak dapat mengeluarkan suara merupakan masalah yang umum terjadi. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami masalah speaker HP tidak dapat mengeluarkan suara secara tiba-tiba.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul, Mudah

Jika tak diatasi, masalah speaker HP mati bisa cukup merepotkan pengguna. Speaker sejatinya merupakan komponen yang cukup penting di HP. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan berbagai jenis suara yang dihasilkan HP.

Misalnya, suara notifikasi, suara media (audio dan video), serta suara telepon. Ketika speaker HP mati, pengguna tentu tak akan bisa mendengar suara-suara itu. Lantaran bakal merepotkan, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi speaker HP mati.

Lantas, bagaimana cara mengatasi speaker HP yang mati? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memperbaiki speaker HP mati dengan mudah dan praktis.

Penyebab speaker HP mati

Sebelum mengetahui caranya, pertama-tama, pengguna ada baiknya perlu mengetahui dulu penyebab speaker HP mati. Lantas, kenapa HP tidak bisa mengeluarkan suara? Ada beberapa faktor yang jadi penyebab masalah itu terjadi.

Penyebab speaker HP mati yang pertama bisa ditimbulkan dari masalah pengaturan perangkat. Misalnya, volume HP ternyata turun atau mati, sehingga speaker tidak mengeluarkan suara.

Kemudian, penyebab speaker HP mati juga bisa timbul karena terdapat gangguan pada sistem perangkat lunak. Gangguan sistem bisa menyebabkan beberapa masalah kinerja HP, termasuk tak menutup kemungkinan menyebabkan masalah pada speaker.

Selanjutnya, penyebab speaker HP mati juga bisa dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen speaker. Saat komponen rusak, HP tidak akan bisa mengeluarkan suara dengan normal, bisa saja lirih atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Itulah beberapa penyebab speaker HP mati yang perlu diketahui. Setelah mengetahui penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi speaker HP mati dengan mudah dan praktis.

Cara memperbaiki speaker HP mati

Cara mengatasi speaker HP mati itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, yang pertama, pengguna bisa memeriksa dulu pengaturan volume pada HP.

Kemudian, pengguna juga bisa memastikan bahwa HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal. Selain itu, masih terdapat banyak cara lagi untuk mengatasi speaker HP mati. Adapun beberapa cara memperbaiki speaker HP mati adalah sebagai berikut.

Baca juga: 10 Cara Masuk Safe Mode di HP Android untuk Berbagai Model, Mudah dan Praktis

1. Cek pengaturan volume HP

Cara memperbaiki speaker HP mati yang pertama adalah dengan memeriksa pengaturan volume. Speaker yang tidak mengeluarkan suara bisa jadi karena volume audio HP turun atau mati. Pengguna bisa memeriksa volume HP dengan menekan tombol volume naik.

2. Pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal

Kedua, pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal seperti speaker bluetooth, earbuds, atau headset. Saat tersambung ke perangkat itu, suara dari HP tidak akan dikeluarkan melalui speaker internal.

Akan tetapi, suara bakal dikeluarkan melalui perangkat audio eksternal. Oleh karena itu, jika speaker internal tak mengeluarkan suara, pengguna perlu memastikan HP tidak tersambung dengan perangkat itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com