Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Safe Mode di HP Android? Begini Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Kompas.com - 13/02/2024, 16:34 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Safe Mode merupakan salah satu fitur yang umum terdapat pada HP (handphone) berbasis Android. Safe Mode ini cukup berguna. Safe Mode dapat membantu pengguna untuk mengatasi beberapa gangguan pada HP Android.

Lantaran cukup berguna, pengguna kiranya perlu mengetahui tentang apa itu Safe Mode. Sebagian pengguna mungkin belu mengetahui fungsi Safe Mode di HP Android. Jika belum tahu fungsi Safe Mode di HP Android tak usah khawatir.

Baca juga: Apa Itu Recovery Mode di HP Android? Begini Penjelasan dan Cara Masuknya

Artikel ini bakal menjelasakan secara lengkap fungsi Safe Mode di HP Android. Lantas, sebenarnya apa itu Safe Mode di HP Android? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan seputar fungsi Safe Mode.

Apa itu Safe Mode dan fungsinya?

Untuk diketahui, Safe Mode adalah mode dasar yang hanya memuat aplikasi dan layanan utama pada HP Android. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menemukan dan mengatasi masalah pada perangkat.

Safe Mode di HP Android tidak akan memuat aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang diunduh dari Google Play atau sumber lain tidak akan berfungsi saat pengguna menggunakan HP Android dalam Safe Mode.

Safe Mode sangat membantu jika HP Android pengguna mulai mengalami beberapa gangguan yang disebabkan adanya aplikasi pihak ketiga. Gangguan-gangguan itu seperti, HP Android jadi lambat, macet, tiba-tiba memuat ulang, dan crash.

Mengaktifkan Safe Mode bisa menjadi salah satu solusi untuk mengetahui apa yang menyebabkan HP Android mengalami gangguan. Safe Mode akan menunjukkan kepada pengguna apakah terdapat aplikasi yang menyebabkan gangguan pada HP Android.

Pengguna bakal mengetahui jika HP Android sedang berada dalam Safe Mode. Saat masuk ke Safe Mode, biasanya bakal muncul tulisan “safe mode” sebagai penanda pengguna bukan berada di mode normal. Tulisan itu berada di pojok bawah layar HP Android.

Jika HP Android menyala dan berjalan normal dalam Safe Mode, artinya terdapat aplikasi pihak ketiga yang terinstal dan menyebabkan gangguan. Dari indikasi ini, pengguna dapat memutuskan untuk menghapus aplikasi pihak ketiga yang menimbulkan gangguan.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar apa itu Safe Mode dan fungsinya. Safe Mode bisa diaktifkan pengguna secara mandiri ketika HP Android mengalami gangguan setelah menginstal aplikasi pihak ketiga.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara masuk Safe Mode HP Android.

Cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android

Cara masuk Safe Mode HP Android itu cukup mudah. Akan tetapi, caranya bisa berbeda-beda di tiap model HP Android. Dikutip dari berbagai sumber, adapun penjelasan beberapa cara masuk Safe Mode HP Android adalah sebagai berikut.

1. Cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android Google Pixel

Cara pertama:

  • Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik.
  • Setelah itu, pilih dan tahan opsi “power off”.
  • Kemudian, bakal muncul peringatan “Reboot to safe mode” dan pilih opsi “Ok”.
  • HP Android Google Pixel bakal dinyalakan ulang dalam Safe Mode.

Cara kedua:

  • Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume naik secara bersamaan.
  • Kemudian, bakal muncul peringatan “Reboot to safe mode” dan pilih opsi “Ok”.
  • HP Android Google Pixel bakal dinyalakan ulang dalam Safe Mode.

2. Cara mengaktifkan Safe Mode di HP Android Samsung

Cara pertama:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com