Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD dan Amikom Yogyakarta Dukung Peningkatan Kualitas Lulusan TI

Kompas.com - 04/03/2024, 17:55 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat (AS), AMD, menjalin kerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta dalam bidang pendidikan. Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung lahirnya lulusan Teknologi dan Informatika (TI) berkualitas.

"Teknologi kita selalu baru, jadi kalau ada mahasiswa mengadopsi teknologi baru, waktu dia masuk industri, dia sudah siap," kata Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia dalam acara penandatanganan kerja sama antara AMD dan Amikom di Yogyakarta, Senin (4/3/2024).

Lebih lanjut, Brando, yang juga alumni Amikom Yogyakarta tahun 2003 ini mengatakan bahwa AMD Indonesia mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan tinggi informatika dan komputer di Indonesia, khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD.

Di sisi lain, Amikom akan mendapatkan manfaat dari adopsi teknologi AMD dalam kegiatan belajar yang lebih banyak mengedepankan praktik.

"Sebagai talent pool, kita juga ingin mendapat manfaat untuk alumni kita, dari AMD atau rekan-rekannya," ujar Arief Setyanto, Wakil Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: AMD Perkenalkan Chip AI Instinct MI300X dan MI300A, Pesaing Nvidia H100

Arief juga menambahkan, teknologi AMD penting untuk riset yang dilakukan para sivitas akademikanya.

"Kami tidak bisa menyediakan sendiri (produk teknologi) untuk riset. Perguruan tinggi bukan produsen prosesor, jadi kita pasti menggunakan produk AMD. Ada yang melalui pengadaan, ada yang peminjaman," jelas Arief.

Sudah lama pakai teknologi AMD

Kerja sama antara AMD dan Amikom ini baru resmi diteken tahun lalu. Kendati demikian, Amikom Yogyakarta sudah lama menggunakan produk-produk AMD sejak beberapa tahun lalu.

Saat ini, Amikom menjadi universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru. Amikom juga telah menggunakan solusi PC Desktop yang ditenagai AMD Ryzen sejak tahun 2018.

Standar PC yang digunakan untuk laboratorium, minimal mengadopsi prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lain menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hinggga kini, diklaim ada lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

Baca juga: AMD Perkenalkan Kartu Grafis Radeon RX 7600 XT, VRAM 16 GB Harga Rp 5 Jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com