Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amikom Yogyakarta Pakai Prosesor AMD untuk Garap Film Animasi

Kompas.com - 04/03/2024, 18:45 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Amikom Yogyakarta menggunakan teknologi buatan AMD untuk menggarap film animasi mereka.

Film animasi tersebut dibuat oleh badan usaha Amikom Yogyakarta, yakni MSV Studio.

"Dua studio MSV pakai AMD juga. Studio 3D asset untuk pembuatan asetnya, texturing dan lain-lain, kemudian 3D animasi untuk menggerakannya," jelas Satya Abdul Halim Bahtiar, Humas Amikom Yogyakarta dalam acara teknologi bersama AMD Indonesia, di Yogyakarta, Senin (4/3/2024).

Satya mengatakan, hampir semua proses pembuatan film animasi di MSV Studio menggunakan prosesor AMD, terutama seri Ryzen, sejak tahun 2015.

Teknologi AMD dipilih karena dinilai cukup menunjang kebutuhan rendering saat pembuatan animasi.

Baca juga: Kampus Ini Gelar Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru lewat Game Minecraft

"Pembuatan animasi membutuhkan proses rendering. Kalau untuk render, AMD memiliki core lebih banyak. Selain itu, untuk multitasking lebih mudah juga," jelas Bayu Surya, staff IT MSV studio di kesempatan yang sama.

3D Asset milik MSV Studio, badan usaha milik AMIKOM Yogyakarta.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma 3D Asset milik MSV Studio, badan usaha milik AMIKOM Yogyakarta.

Teknologi AMD juga digunakan untuk menggarap film animasi Battle of Surabaya yang dirilis MSV Studio tahun 2015 lalu.

Adapun film Battle of Surabaya ini mendapat sejumlah penghargaan di taraf international, seperti Best Animation di ajang Hollywood International Motion Pictures Film Festival 2018 dan Best Animation Film di ajang European Cinematography Awards 2018.

"Battle of Surabaya kami rilis tahun 2015. Semua kami produksi menggunakan teknologi AMD," kata Satya.

Namun, ia tidak merinci secara spesifik prosesor yang digunakan untuk produksi film animasi ini.

Satya menceritakan, produksi Battle of Surabaya cukup menantang. Sebab, kala itu MSV Studio masih menggunakan pembuatan animasi secara konvensional, yakni menggambar secara manual, lalu dipindai.

Baca juga: 6 Kampus di Indonesia yang Punya Mata Kuliah atau Jurusan Game

Proses konvensional itu berlangsung di awal produksi. MSV Studio lalu migrasi ke proses pembuatan animasi digital menggunakan teknologi AMD.

Saat ini, MSV Studi menggarap film animasi bertema prasejarah, berjudul Aji Saka: The King and The Flower of Life. Film ini sedang dalam tahap produksi akhir. Rencananya, film ini akan rampung tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com