Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 via Aplikasi Mitra Darat, Buka Mulai Pukul 12.00

Kompas.com - 06/03/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya tertarik untuk mengetahui cara daftar mudik gratis Kemenhub (Kementerian Perhubungan) 2024 dengan moda transportasi bus, yang resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (6/3/2024).

Sebagai informasi, Kemenhub tahun ini kembali menyelenggarakan beberapa program mudik gratis untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Salah satunya adalah program Mudik Aman atau program mudik gratis dengan bus.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024 dengan Kereta, Buka mulai Pukul 10.00

Program mudik gratis bus Kemenhub 2024 diselenggarakan langsung oleh Direktorat
Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat). Program ini diselenggarakan untuk menekan penggunaan sepeda motor saat mudik Lebaran nanti yang berpotensi membahayakan.

Lewat program Mudik Aman, masyarakat atau peserta dapat pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi bus yang disediakan secara gratis. Kemudian, sepeda motor peserta juga dapat diangkut secara gratis ke kota tujuan.

Lantas, bagaimana cara daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024? Perlu diketahui, pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai hari ini, Rabu (6/3/2024), pukul 12.00 WIB.

Jika tertarik untuk mengikutinya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara daftar mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus melalui aplikasi Mitra Darat.

Syarat daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya calon pemudik memahami dulu beberapa syarat daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024. Adapun beberapa syarat daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024 adalah sebagai berikut:

  • Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar, seperti KTP, KK, dan SIM.
  • Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
  • Peserta yang mengikuti mudik dan balik (pulang pergi), maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.
  • Peserta hanya diberikan waktu selama tujuh hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
  • Setelah lewat dari tujuh hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak diperbolehkan mendaftar ulang.
  • Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik.
  • Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum jam keberangkatan.

Itulah beberapa syarat daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024 yang wajib dipenuhi peserta. Setelah memahami syaratnya, adapun penjelasan mengenai cara daftar mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus adalah sebagai berikut.

Cara daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024

  • Unduh aplikasi Mitra Darat di HP melalui toko aplikasi resmi seperti App Store (untuk iPhone) atau Play Store (untuk HP Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Mitra Darat dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah itu, klik menu “Mudik Gratis” atau “Mudik Aman”.
  • Kemudian, pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik.
  • Berikutnya, pilih armada mudik yang sesuai dan isi identitas data penumpang.
  • Jika sudah terisi semua, klik opsi "Selesaikan Pesanan".
  • Peserta bakal mendapatkan tiket elektronik pendaftaran.
  • Setelah mendapatkan tiket, peserta wajib melakukan validasi ulang ke petugas di posko yang telah ditentukan.

Itulah penjelasan mengenai cara daftar mudik gratis bus Kemenhub 2024 via aplikasi Mitra Darat. Sebagai informasi, program mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus ini memiliki jadwal pendaftaran dan kuota yang terbatas.

Supaya tak ketinggalan, peserta kiranya perlu mengetahui juga jadwal pendaftaran dan kuota mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Tiket Kereta Api Lebaran Sudah Bisa Dibeli, Ini Jadwal Pemesanan dan Cara Belinya via KAI Access

Jadwal pendaftaran dan kuota mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus

Dikutip dari akun instagram resmi Ditjen Hubdat, jadwal pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus dibuka pada 6 Maret 2024, pukul 12.00 WIB. Setelah pendaftaran dibuka, setiap harinya pendaftaran akan bisa diakses mulai pukul 08.00 WIB.

Kuota program ini bakal dibuka secara bertahap. Pendaftaran akan ditutup hingga kuota sudah terpenuhi. Kuota Mudik Aman 2024 tersedia sebanyak 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online via aplikasi Mitra Darat. Namun, setelah melakukan pendaftara, peserta wajib melakukan validasi ulang di posko yang telah disediakan. Proses validasi ulang pada 6 Maret - 3 April 2024, dari pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Adapun lokasi posko yang telah ditentukan untuk validasi ulang pendaftaran program mudik gratis Kemenhub 2024 dengan bus adalah sebagai berikut:

  • Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • GOR Bulungan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten
  • Terminal Margonda, Depok, Jawa Barat
  • Terminal Kayuringin, Bekasi, Jawa Barat
  • Kantor Dishub Tangerang, Tangerang, Banten
  • Terminal AKAP WA Gara, Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Itulah jadwal pendaftaran dan kuota mudik gratis bus Kemenhub 2024. Program mudik gratis ini menyedia dua jadwal keberangkatan, yakni untuk keberangkatan arus mudik dan arus balik. Adapun jadwal keberangkatan mudik gratis bus Kemenhub 2024 adalah sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com