Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Google Doodle Hari Perempuan Sedunia Hari Ini

Kompas.com - 08/03/2024, 07:13 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google merayakan Hari Perempuan Sedunia/Internasional lewat doodle yang menghiasi laman utama Google Search hari ini, Jumat (8/3/2024).

Doodle Hari Perempuan Sedunia menampilkan sejumlah karakter perempuan lintas usia, mulai dari perempuan muda hingga lanjut usia. Ketiganya dibingkai dalam garis menyerupai lingkaran. Bingkai itu juga melambangkan huruf "O" kedua dari kata "Google".

Huruf "O" pertama dari kata Google dalam doodle hari ini juga dibuat bernuansa perempuan, dengan menggunakan simbol gender lingkaran di atas tanda silang. Simbol itu dikenal melambangkan perempuan.

Baca juga: Ini Alasan Suara Google Assistant, Siri, dan Alexa Menggunakan Suara Perempuan

Secara umum doodle hari ini dibalut dengan kelir terang dan warna-warni serta aneka aksesori. Cukup berbeda dengan doodle "Hari Perempuan International" tahun lalu yang sepenuhnya menampilkan berbagai peran perempuan.

Adapun Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan oleh organisasi internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1975.

Ide tentang perayaan Hari Perempuan Internasional datang dari seorang wanita bernama Clara Zetkin, seorang aktivis dan pembela hak-hak perempuan.

Zetkin mengemukakan gagasan tersebut pada 1910, dalam Konferensi Internasional Perempuan Pekerja di Kopenhagen, Denmark.

Konferensi tersebut dihadiri lebih dari 100 perempuan dari 17 negara, yang mewakili serikat pekerja, partai sosialis, dan klub perempuan pekerja. Para peserta konferensi mengamini ide Zetkin untuk menetapkan adanya Hari Perempuan Internasional.

Tanggal 8 Maret juga bertepatan dengan peringatan dua demonstrasi yang bertujuan untuk mencapai kesetaraan gender, termasuk soal pekerjaan yang adil dan aman. Kedua aksi itu berlangsung di Saint Petersburg dan New York.

Baca juga: Laki-laki atau Perempuan yang Lebih Banyak Nonton Konten Bajakan, Ini Hasil Risetnya

Peringatan Hari Perempuan Sedunia kali ini menurut Google difokuskan pada isu-isu seperti kesenjangan upah gender dan ras, hak-hak reproduksi, hingga pencegahan kekerasan terhadap perempuan.

Raksasa teknologi ini menilai bahwa kemajuan yang dicapai oleh perempuan saat ini tifak lepas dari peran orang-orang terdahulu, khususnya kalangan perempuan.

"Ucapan ini ditujukan untuk mereka yang sudah membuka jalan dan membawa obor itu lebih jauh lagi, selamat Hari Perempuan Internasional!," ucap Google, dikutip dari laman Google Doodle, Jumat (8/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com