Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Online Sumbang 70 Persen Trafik Data Telkomsel, Terbanyak dari Mobile Legends

Kompas.com - 08/03/2024, 17:19 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik data Telkomsel di hari biasa, mayoritas disumbang oleh game online. Hal ini disampaikan General Manager Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel, Benny Hamdani.

Menurut Benny, hal ini menandakan Telkomsel begitu diminati oleh gamers di Tanah Air. Hal inilah yang membuat mereka meluncurkan paket internet GamesMax Booster, paket yang memiliki benefit kuota game dan peningkatan kualitas internet untuk bermain game.

"Untuk saat ini (di hari biasa), secara keseluruhan, sebanyak 70 persen trafik data Telkomsel berasal dari game (gamers), dan mayoritas trafik tersebut berasal dari Mobile Legends," kata Benny kepada KompasTekno di sela peluncuran paket internet GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024). 

Baca juga: Paket Telkomsel GamesMax Booster Bisa Pangkas Latency Main Game Online, Ini Rahasianya

Benny tak mengungkap berapa persen game Mobile Legends menyumbang trafik Telkomsel di hari-hari biasa. Namun, ia mengungkapkan bahwa pemain aktif MLBB di Indonesia, menurut informasi ia dapat dari pihak Moonton, kini ada sekitar 41 juta pemain.

"Dari 41 juta pemain Mobile Legends di Indonesia tersebut, sekitar 60 persen di antaranya menggunakan atau bermain dengan jaringan Telkomsel," tambah Benny.

General Manager Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel, Benny Hamdani (kanan) dalam acara peluncuran paket GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN General Manager Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel, Benny Hamdani (kanan) dalam acara peluncuran paket GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

Dengan kata lain, mengacu pada pernyataan Benny di atas, ada sekitar 24,6 juta pemain MLBB di Indonesia yang memakai operator seluler Telkomsel untuk memainkan game favoritnya tersebut.

Nah, karena trafik dari MLBB terbanyak, wajar saja Telkomsel memasukkan game bikinan Moonton ini menjadi salah satu game yang bisa memanfaatkan kuota game di paket internet GamesMax Booster yang berbanderol Rp 25.000-Rp 75.000.

Baca juga: Telkomsel Rilis Paket GamesMax Booster, Internet Lebih Kencang dan Rendah Latency untuk Gaming

Selain MLBB, paket GamesMax Booster juga mendukung beberapa game populer lainnya seperti PUBG Mobile, Free Fire, Ragnarok X, Arena of Valor, Roblox, Pokemon Go, dan lain sebagainya.

Ketika pengguna memainkan MLBB dengan paket internet teranyar Telkomsel ini, maka mereka akan bermain menggunakan kuota khusus game yang bervariasi, mulai dari 10-30 GB.

Kuota ini juga bisa dipakai untuk memperbarui (update) game Mobile Legends, sehingga pemain tak perlu khawatir menggunakan kuota internet utama untuk sekadar menikmati konten MLBB baru.

Selain menggunakan kuota khusus, latensi (latency) atau ping yang didapat pemain MLBB, ketika memakai paket internet khusus game ini, juga akan lebih rendah dibanding apabila pengguna memakai paket internet biasa.

"Harapan kami, dengan adanya GamesMax Booster ini, pemain MLBB yang menggunakan jaringan Telkomsel nantinya akan lebih besar lagi dibanding saat ini," pungkas Benny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com