Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Flagship Xiaomi 14 Dipastikan Rilis di Indonesia

Kompas.com - 09/03/2024, 18:24 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Xiaomi memastikan bahwa lini smartphone terbarunya, Xiaomi 14 bakal dipasarkan di Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh akun resmi Xiaomi Indonesia di media sosial Instagram.

Dalam posting berformat video itu, pengguna bisa melihat sedikit bagian dari bodi Xiaomi 14 yang berwarna hijau alias Jade Green.

Kemudian, kamera menyorot bagian lensa Xiaomi 14 yang bertuliskan "Leica, Vario - Summilux 1:1.6-2.2/14-75 ASPH."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Xiaomi Indonesia (@xiaomi.indonesia)

Teks ini merujuk pada lensa Leica yang digunakan gawai Xiaomi tersebut. Pabrikan kamera asal Jerman, Leica, dikonfirmasi memang berkolaborasi lagi dengan Xiaomi setelah sebelumnya bekerja sama dalam urusan fotografi Xiaomi 13T.

Baca juga: Keindahan Barcelona di Mata Kamera Leica Xiaomi 14

Video pendek tersebut pun diakhiri dengan tulisan "Legendary partnership continues" (Kemitraan legendaris terus berlanjut) diikuti oleh logo Xiaomi dan Leica. Kemudian, muncul tulisan "Xiaomi 14" yang mengonfirmasi identitas perangkat dalam video itu.

Adapun posting Xiaomi Indonesia dibubuhi dengan teks (caption) yang mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut akan segera hadir di Indonesia. Akan tetapi, tidak dirincikan tanggal dan bulan perilisan Xiaomi 14 di Indonesia.

"Optik Leica generasi berikutnya, dengan seri Xiaomi generasi terbaru. Segera hadir," tulis akun Instagram dengan handle @xiaomi.indonesia sebagaimana dikutip KompasTekno pada Sabtu (9/3/2024).

Ini artinya Xiaomi 14 bakal menjadi suksesor dari Xiaomi 12 di Indonesia, karena lini flagship Xiaomi 13 tidak dihadirkan di Tanah Air, kecuali Xiaomi 13T. Kendati begitu, Xiaomi sendiri tidak merincikan model apa saja dari Xiaomi 14 series yang akan hadir di Indonesia.

Adapun Xiaomi 14 series terdiri dari Xiaomi 14 "reguler" dan Xiaomi 14 Ultra yang dirilis secara global pada Februari 2024, dan Xiaomi 14 Pro yang diluncurkan secara eksklusif di China pada Oktober 2023.

Baca juga: Unik, Kamera Telephoto Xiaomi 14 Bisa Sekaligus Jepret Foto Macro

Apabila merujuk pada laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Xiaomi 14 "reguler" dengan nomor model 23127PN0CG adalah model yang akan dirilis di Indonesia.

Ilustrasi ponsel Xiaomi yang diduga Xiaomi 14 yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin.TKDN Kemenperin Ilustrasi ponsel Xiaomi yang diduga Xiaomi 14 yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin.
Jika ditelusuri di internet, nomor model tersebut tak lain mengacu pada Xiaomi 14 versi global yang ditandai oleh huruf "G" di akhir namanya.

Ponsel tersebut tercatat lolos TKDN dengan nilai 38,20 persen. Suatu smartphone memang harus lolos uji dan mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin terlebih dahulu, sebelum bisa dipasarkan di Indonesia.

Selain memenuhi persyaratan TKDN, ponsel yang dipasarkan di Indonesia harus mendapatkan izin dari Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Spesifikasi Xiaomi 14

Xiaomi 14 memiliki layar OLED berukuran 6,36 inci yang berdesain flat alias rataKOMPAS.com/ OIK YUSUF Xiaomi 14 memiliki layar OLED berukuran 6,36 inci yang berdesain flat alias rata
Sebagai informasi, Xiaomi 14 "reguler" merupakan anggota lini smartphone flagship Xiaomi 14 Series yang "terkecil", antara lain karena ukuran fisiknya yang memang paling ringkas di antara saudara-saudaranya.

Bobotnya berada di kisaran 190 gram, lebih ringan dari model Ultra dengan bobot 220 gram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com