Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kebolehan AI di Lenovo Innovate '24, Bisa Ubah Foto Diri Jadi "Pribadi yang Lain"

Kompas.com - 27/03/2024, 19:46 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BANGKOK, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Lenovo, menggelar acara Lenovo Innovate '24 di Bangkok, Thailand, pada 27-28 Maret 2024. 

Dalam acara ini, Lenovo memamerkan deretan produk yang akan dirilis tahun ini di wilayah Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Acara ini digelar di hotel Conrad, Bangkok dan dihadiri oleh awak media serta influencer teknologi dari berbagai negara Asia Pasifik, seperti India, Jepang, Autralia, dan negara-negara Asia Tenggara. 

Jurnalis KOMPAS.com Wahyunanda Kusuma Pertiwi juga turut hadir langsung di Lenovo Innovate '24.

Sebelum acara utama dibuka, Lenovo menyiapkan "gimik" yang menarik. Salah satunya adalah adanya AI Generated Photo Booth.

Sebagaimana namanya, booth ini memungkinkan para awak media dan influencer yang hadir di sana untuk menjajal kemampuan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dari Lenovo. 

Booth ini bisa "menyulap" foto diri pengunjung menjadi "pribadi yang lain" dengan bantuan AI. Prosesnya cukup cepat dan mudah.

Cara kerjanya, pengguna harus memilih dulu template foto rekaan yang ingin digunakan. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih berdasarkan gender. 

Baca juga: Lenovo Pamer Jajaran Laptop Terbaru di Lenovo Innovate 24 Bangkok

Booth untuk menjajal kecanggihan AI yang bisa mengubah foto pengguna jadi pribadi yang lain di Lenovo Innovate '24, Bangkok, Thailand. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Booth untuk menjajal kecanggihan AI yang bisa mengubah foto pengguna jadi pribadi yang lain di Lenovo Innovate '24, Bangkok, Thailand.

Untuk wanita misalnya, ada template foto rekaan bertema gadis dengan busana khas Thailand. Ada juga tema baju santai dengan background pantai atau kuil. 

Sementara untuk pria, ada template formal, yakni mengenakan jas atau template lain dengan baju lebih casual.

Nah, setelah memilih template, objek yang akan dipotret harus berdiri tepat di depan booth, lalu menghadap ke kamera yang dipasang di sisi samping kanan.

Nantinya, akan ada petugas  yang membantu pengambilan gambar. Saat pengambilan gambar, objek harus menyesuaikan posisi, yakni dengan mengikuti garis putus-putus di layar.

Setelah foto diambil, software AI di booth tersebut akan me-render foto, lalu memasang foto wajah objek di template yang telah dipilih. 

Pengunjung Lenovo Innovate '24 bisa mencoba AI Generated Photo Booth. Di sini, foto diri pengunjung dapat diubah menjadi pribadi yang lain. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Pengunjung Lenovo Innovate '24 bisa mencoba AI Generated Photo Booth. Di sini, foto diri pengunjung dapat diubah menjadi pribadi yang lain.

KompasTekno turut menjajal AI Generated Booth di Lenovo Innovate '24. Sepengalaman kami, proses rendering cukup memakan waktu sekitar 3-5 menit saja. Hasilnya pun cukup rapi. 

Setelah proses rendering selesai, akan muncul beberapa hasil foto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com