Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Akhirnya Bakal Dapat Fitur yang Sudah 15 Tahun Ada di Android

Kompas.com - Diperbarui 01/04/2024, 09:45 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Apple dirumorkan bakal menambahkan fitur home screen yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna di IOS 18. Kabar yang beredar menyebutkan home screen pada iOS 18 bakal dirancang agar lebih mudah untuk dikustomisasi sesuai keinginan.

Nantinya, IOS 18 disinyalir mampu membuat ruang kosong antar ikon aplikasi sehingga pengguna memiliki kebebasan untuk menata aplikasi dimana saja di home screen dengan menambahkan baris atau kolom kosong diantara ikon-ikon yang ada.

Hal tersebut tidak bisa dilakukan di iOS selama ini karena ikon aplikasi di home screen akan otomatis bergerak untuk mengisi kekosongan di layar.

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2024 Digelar 10 Juni, iOS 18 Diumumkan?

Memang ada aplikasi pihak ketiga seperti Shortcuts dan Widgetsmith untuk membuat ikon aplikasi yang "kosong" di iOS, tetapi fitur resmi dari Apple ini diyakini akan jauh lebih mudah digunakan.

ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)macrumors.com ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)

Di luar perilakunya yang tidak lagi otomatis mengisi ruang kosong, ikon-ikon aplikasi di home screen iOS 18 bakal tetap tersusun rapi berdasar grid sehingga tidak tampil acak-acakan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Kamis (28/3/2024), meskipun baru akan hadir di iPhone lewat iOS 18, kemampuan membuat ruang antar ikon aplikasi di home screen sudah ada di Android sejak 15 tahun lalu.

Baca juga: Bocoran iPhone 17, Pakai Pelindung dari Samsung Galaxy S24 Ultra

Selain opsi personalisasi home screen tadi, IOS 18 juga dirumorkan sudah mendukung RCS untuk berkirim pesan dan AI terintegrasi. Selain AI milik sendiri, Apple dikabarkan tengah bernegosiasi untuk membawa Google Gemini ke iPhone akhir tahun ini.

Apple kemungkinan akan mengumumkan iOS 18 secara resmi pada konferensi developer dunia (WWDC) tahunan yang diadakan pada bulan Juni nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com