Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2024 Digelar 10 Juni, iOS 18 Diumumkan?

Kompas.com - 27/03/2024, 10:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple mengumumkan jadwal gelaran konferensi pengembang (developer) tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Apple akan menggelar WWDC 2024 selama lima hari, pada 10-14 Juni 2024.

WWDC sendiri menjadi wadah para developer untuk berkumpul dan berbagi. Apple memfasilitasi mereka dengan menyediakan berbagai sumber daya guna membantu mereka mengembangkan produk yang lebih canggih lagi.

"WWDC adalah tentang berbagi ide-ide baru dan menyediakan alat serta sumber daya inovatif bagi para pengembang kami yang luar biasa untuk membantu mereka membuat sesuatu yang lebih menakjubkan," kata Susan Prescott, Vice President of Worldwide Developer Relations Apple.

Ajang kumpul para developer ini digelar secara online dan offline di Apple Park. Khusus di hari pertama, para developer serta pelajar terpilih yang ikut program Apple Developer, bisa saling berbagi dengan lainnya di kampus Apple tersebut.

Baca juga: 20 April, CEO Apple Tim Cook Datang ke Indonesia

Apple juga menjanjikan kesempatan bagi developer dan pelajar untuk terhubung dengan desainer dan insinyur Apple lewat sebuah sesi video.

WWDC 2024 bisa diikuti oleh para pengembang secara gratis. Namun, audiens dalam acara ini cukup dibatasi, khususnya untuk acara yang digelar offline. Adapun pendaftaran WWDC 2024 bisa dilakukan pada tautan berikut ini.

Lewat WWDC, Apple biasanya mengumumkan bermacam fitur baru dari berbagai sistem operasinya. Termasuk iOS, iPadOS, macOS, watchOS, tvOS, hingga visionOS.

Umumkan iOS 18?

Di WWDC 2024, Apple konon bakal mengumumkan iOS 18, sistem operasi generasi baru untuk iPhone. Penerus iOS 17 itu konon akan menjadi pembaruan terbesar bagi iPhone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (27/3/2024).

Pasalnya, iOS 18 diyakini membawa fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), antarmuka Home Screen yang bisa lebih dikustomisasi, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur berbasis AI yang konon hadir di iOS 18 yaitu asisten Siri yang lebih cerdas, buat playlist otomatis di Apple Music hingga AI yang bisa melengkapi kalimat atau menjawab pertanyaan secara otomatis di aplikasi Messages.

Apple sendiri belum merinci fitur AI apa yang akan dihadirkan di iOS 18 yang pada akhirnya muncul di iPhone. Yang jelas, CEO Apple Tim Cook memastikan bahwa pihaknya bakal memperkenalkan fitur berbasis AI pada akhir tahun ini.

Baca juga: Tim Cook ke Indonesia April, Tanda-tanda Buka Apple Store Menguat

"Kami terus berupaya dan tidak sabar membagikan hasil kerja kami yang sedang berlangsung di bidang tersebut (AI) akhir tahun ini," kata Cook dalam pemaparan laporan pendapatan Apple kuartal I-2024.

Tahun lalu, Tim Cook juga mengonfirmasi bahwa pihaknya berinvestasi pada AI generatif. Bahkan daftar lowongan pekerjaan Apple juga menunjukkan bahwa perusahaan sedang menjajaki penggunaan AI di lingkup internal maupun eksternal.

Ini termasuk untuk Siri, tools bagi pengembang hingga layanan dukungan pelanggan, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com