Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda HP Lipat Vivo X Fold 3 Pro Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 29/03/2024, 19:05 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor ponsel Vivo tampaknya akan segera memboyong smartphone lipat Vivo X Fold 3 Pro ke Indonesia. Tanda kehadiran ponsel lipat itu terlihat dari sertifikat yang diterbitkan oleh dua otoritas terkait di Tanah Air.

Sertifikat pertama diterbitkan oleh lembaga Pos dan Telekomunikasi (Postel), Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo). Hal ini menunjukkan bahwa Vivo X Fold 3 Pro sudah lolos uji otoritas terkait.

Di halaman sertifikasi Postel, Vivo X Fold 3 Pro tercantum dengan nomor model V2330. Sertifikat untuk ponsel ini tercatat diterbitkan pada 26 Maret 2024, dengan nomor 98278/SDPPI/2024.

Nomor model yang sama juga muncul di situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di halaman TKDN, ponsel Vivo dengan nomor model V2330 tercatat memenuhi TKDN sebesar 35,98 persen. Laman yang sama menunjukkan bahwa smartphone ini mendukung konektivitas 5G, 4G-LTE dan lain sebagainya.

Baca juga: HP Lipat Vivo X Fold 3 dan X Fold 3 Pro Resmi, Harga mulai Rp 15 Jutaan

Sertifikasi Postel (atas) dan TKDN (bawah) Vivo X Fold 3 ProKompas.com/Lely Maulida Sertifikasi Postel (atas) dan TKDN (bawah) Vivo X Fold 3 Pro

Namun, baik laman Postel maupun TKDN tidak memberikan bocoran spesifikasi kunci dari Vivo X Fold 3 yang akan dirilis di Indonesia. Yang jelas, kemunculan ponsel itu di dua otoritas terkait membuka potensi peluncuran di Tanah Air.

Adapun pihak Vivo Indonesia belum memberikan keterangan soal Vivo X Fold 3 Pro. Namun Public Relation Manager Vivo Indonesia, Alexa Tiara menyatakan pihaknya berupaya membawa ponsel lipat ke Tanah Air.

"Diusahakan," ujar Alexa ketika dikonfirmasi soal kehadiran smartphone lipat Vivo di Indonesia, dalam acara peluncuran Vivo Y100 5G pada Januari lalu.

Alexa juga memastikan bahwa jika ponsel lipat Vivo dibawa ke Tanah Air, ponsel tersebut akan diproduksi di pabrik milik Vivo di Indonesia. Namun saat itu Alexa enggan memastikan model mana yang akan diboyong ke Tanah Air.

Kembali ke Vivo X Fold 3 Pro, smartphone lipat ini sudah debut di China pada Selasa (26/3/2024). Di negeri asalnya itu, ponsel ini rilis bersamaa dengan model reguler, Vivo X Fold 3. Belum diketahui apakah model reguler juga akan hadir di Indonesia atau tidak.

Sembari menanti kehadiran Vivo X Fold 3 Pro resmi di Indonesia, spesifikasi ponsel lipat ini versi China mungkin bisa menjadi gambaran.

Baca juga: HP Vivo T3 5G Resmi, Kembaran iQoo Z9 dengan Desain yang Berbeda

Spesifikasi Vivo X Fold 3 Pro di China

Vivo X Fold 3 Pro ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dirilis Qualcomm pada 2023. Chipset ini dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan penyimpanan media hingga 1 TB.

Layar utama (posisi dibentangkan) Vivo X Fold 3 Pro dibekali panel AMOLED 8,03 inci dengan resolusi 2.748 x 1.172 piksel. Sementara layar sekundernya (posisil terlipat) juga menggunakan panel AMOLED berukuran 6,53 inci dengan resolusi 2.480 x 2.200 piksel.

Kedua layarnya sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan tingkat kecerahan layar puncak hingga 4.500 nits.

Layar Vivo X Fold 3 Pro sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar atau in-display fingerprint scanner. Layar utama dan sekunder ponsel ini juga kompak dibekali kamera depan 32 MP dalam sebuah punch hole.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com