Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Lipat Vivo X Fold 3 dan X Fold 3 Pro Resmi, Harga mulai Rp 15 Jutaan

Kompas.com - 27/03/2024, 11:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor HP asal China, Vivo resmi meluncurkan dua ponsel lipat (foldable phone) terbarunya, Vivo X Fold 3 series di China, Selasa (26/3/2024).

Ada dua model yang dirilis Vivo. Pertama adalah Vivo X Fold 3 reguler sebagai penerus dan Vivo X Fold 2 tahu lalu.

Kemudian ada Vivo X Fold 3 Pro yang membawa spesifikasi lebih mumpuni dari Vivo X Fold 3 versi reguler. Misalnya, di aspek chipset yang lebih canggih, kamera telefoto, kapasitas baterai lebih besar, dan fitur pengisian cepat (fast charging) yang lebih ngebut.

Selain spesifikasi, Vivo X Fold 3 dan Vivo X Fold 3 Pro dibekali desain yang sama yang kini lebih segar. Misalnya, di bagian punggung, kini modul kamera berbentuk bulat cukup besar di posisikan di sisi tengah atas.

Baca juga: Menjajal HP Lipat Vivo X Fold 2 dan X Flip Langsung di Toko Resmi Vivo China

Tahun lalu, modul kamera belakang Vivo X Fold 2 diletakkan di pojok kiri atas. Sebab, sisi samping kanannya digunakan untuk aksen lis seperti keramik dan bergaris. Namun, kini aksen lis tersebut dihilangkan, sehingga modul bisa diletakkan presisi di tengah atas.

Selain desain yang sama, spesifikasi layar, kapasitas RAM/storage, dan fitur pendukung yang sama. Selengkapnya, berikut spesifikasi Vivo X Fold 3 dan Vivo X Fold 3 Pro di China.

Spesifikasi Vivo X Fold 3 Pro

Vivo X Fold 3 Pro sudah dibekali kemampuan tahan air dengan rating IPX8. Artinya, ponsel ini tahan di dalam air tawar maksimal 1,5 meter selama 30 menit.Vivo Vivo X Fold 3 Pro sudah dibekali kemampuan tahan air dengan rating IPX8. Artinya, ponsel ini tahan di dalam air tawar maksimal 1,5 meter selama 30 menit.
Sebagai model tertinggi, Vivo X Fold 3 Pro ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dirilis Qualcomm pada 2023. Chipset ini dipadukan dengan RAM hingga 16 GB adan penyimpanan media hingga 1 TB.

Untuk spesifikasi layar utama (posisi dibentangkan), Vivo X Fold 3 Pro dibekali panel AMOLED 8,03 inci dengan resolusi 2.748 x 1.172 piksel. Sementara layar sekundernya (posisil terlipat) juga menggunakan panel AMOLED berukuran 6,53 inci dengan resolusi 2.480 x 2.200 piksel.

Baik layar utama maupun sekunder sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan tingkat kecerahan layar puncak hingga 4.500 nits.

Baca juga: Bocoran Galaxy Z Fold 6 FE, Ponsel Lipat Murah Samsung

Layar Vivo X Fold 3 Pro sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar atau in-display fingerprint scanner. Layar utama dan sekunder ponsel ini juga kompak dibekali kamera depan 32 MP dalam sebuah punch hole.

Vivo X Fold 3 Pro dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (OIS, sensor OV50H), kamera ultrwide 50 MP, dan kamera telefoto 64 MP dengan zoom optis 3x.

Ponsel ini juga dilengkapi chip pemroses gambar (imaging chip) Vivo V3 yang dikembangkan secara mandiri oleh Vivo.

Chip Vivo V3 dikembangkan menggunakan teknologi lapisan (coating) baru Zeiss T untuk mengurangi efek refleksi gambar sampai 50 persen.

Chip ini juga merupakan chip pencitraan pertama Vivo yang dikembangkan dengan teknologi fabrikasi 6 nm. Berkat arsitektur tersebut, chip ini menawarkan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding pendahulunya. Sementara waktu pemrosesan gambar juga diklaim jadi lebih cepat sampai 20 persen.

Vivo X Fold 3 Pro ditopang baterai 5.700 mAh dengan dukungan fast charging 100 watt dengan kabel (wired) dan 50 watt nirkabel (wireless).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com