Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Vivo T3 5G Resmi, "Kembaran" iQoo Z9 dengan Desain yang Berbeda

Kompas.com - 22/03/2024, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Vivo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Vivo T3 5G di pasar India, Kamis (21/3/2024).

HP Vivo T3 5G merupakan versi rebrand dari smartphone iQoo Z9 yang dirilis pada 12 Maret 2024 lalu. Sebagai versi rebrand, Vivo T3 5G membawa desain punggung yang berbeda, namun spesifikasinya tetap sama.

Secara desain, punggung Vivo T3 5G memuat modul persegi panjang yang mencakup tiga kamera dan sebuah lampu LED flash.

Akan tetapi, hanya ada satu kamera saja yang bisa digunakan, yakni kamera utama 50 MP (f/1.79, Sony IMX882, penstabil gambar OIS dan EIS). Satu kamera lainnya merupakan sensor depth dengan resolusi 2 MP (f/2.4).

Kamera utama Vivo T3 5G mendukung sejumlah fitur seperti Super Night Portrait, Super Night Mode, dan Ultra Stable 4K Video.

Baca juga: Selisih Harga Rp 2 Juta, Ini Bedanya Smartphone Vivo V30 Pro dan V30 Reguler

Sebagai perbandingan, modul kamera iQoo Z9 berbentuk persegi dan hanya memuat dua kamera saja, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Spesifikasi kamera belakang ini sama persis dengan yang dimiliki oleh Vivo T3 5G.

Ilustrasi punggung dan modul kamera belakang iQoo Z9 warna Brushed GreeniQoo Ilustrasi punggung dan modul kamera belakang iQoo Z9 warna Brushed Green

Masih bicara soal fotografi, Vivo T3 5G dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0). Kamera ini ditempatkan dalam modul lubang (punch hole) di tengah atas layar.

Smartphone Vivo T3 5G mengusung layar AMOLED seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.800 nits.

Refresh rate yang tinggi ini membuat pengalaman browsing dan gaming pengguna menjadi lebih mulus.

Di sektor hardware, Vivo T3 5G diotaki oleh chipset MediaTek Dimensity 7200 berfabrikasi 4 nm. Chip ini diklaim sudah dioptimalkan oleh Vivo sehingga menghadirkan pengalaman penggunaan yang mulus dan stabil.

HP Vivo T3 5G varian warna Crystal FlakeGSMArena HP Vivo T3 5G varian warna Crystal Flake
System-on-Chip (SoC) tersebut dibarengi dengan RAM 8 GB dan pilihan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. RAM ini bisa diperluas hingga 8 GB dengan menggunakan fitur Extended RAM.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur RAM Saver untuk mencegah banyak aplikasi terbuka secara bersamaan (overcrowding), dan fitur App Retainer untuk me-restart aplikasi yang sudah dimasukkan ke daftar aplikasi yang dipercaya.

Soal daya, HP Vivo T3 5G disokong oleh baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) FlashCharge berdaya 44 Watt.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan smartphone ini adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS 14.

Spesifikasi Vivo T3 5G lainnya mencakup port USB-C, pemindai sidik jari (fingerprint) di bawah layar (under-display), sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP54, konektivitas 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.3, GPS, dan dual stereo speaker. Gawai ini tidak mendukung headphone jack 3,5 mm.

Baca juga: iQoo Z9 Resmi, HP Android dengan MediaTek Dimensity 7200

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com