Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda "GTA V" Bakal Bisa Dimainkan di Android

Kompas.com - Diperbarui 11/04/2024, 06:36 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah developer pihak ketiga (third-party) diketahui tengah berupaya untuk melakukan porting game open-world Grand Theft Auto V (GTA 5/GTA V) ke platform Android, Linux, dan Nintendo Switch.

Dengan begitu jika berhasil, GTA 5 bakal bisa dimainkan di ketiga platform itu. Sebelumnya, GTA 5 sendiri hanya bisa dinikmati di PC Windows, konsol PlayStation 3 (PS3), PlayStation 4 (PS4), PlayStation 5 (PS5), Xbox 360, Xbox One, serta Xbox Series X/S.

Adapun informasi ini datang dari pengguna media sosial X (dahulu Twitter) yang rutin membahas berita seputar Grand Theft Auto, yaitu GTA Focal.

Dalam postingnya, ia menunjukkan foto dan video yang membuktikan GTA 5 bisa dijalankan di Nintendo Switch dan Android.

Baca juga: Karyawan Rockstar Games Dipaksa Ngantor Lagi, Demi GTA 6

"Sekelompok developer (modder) mencoba melakukan porting GTA 5 ke Nintendo Switch, Linux, dan Android, berkat kebocoran kode sumber yang terjadi pada Desember 2023," tulis akun dengan handle @GTAFocal itu.

Video yang diunggah menunjukkan layar loading GTA 5 di perangkat Nintendo Switch. Indikasinya terlihat dari antarmuka (UI) menu game diikuti dengan efek suara khas Nintendo Switch.

Di sisi lain, foto yang diunggah GTA Focal menunjukkan layar loading GTA 5 di perangkat Android atau perangkat berbasis arsitektur ARM64. Hal ini bisa dilihat dari kode erornya yang menyinggung "ARM64".

Layar loading GTA 5 di perangkat Android atau perangkat ARM64X Layar loading GTA 5 di perangkat Android atau perangkat ARM64
Kedua layar loading tersebut sama-sama mengalami eror. Sebab, proses porting GTA 5 ke platform Android, Linux, dan Nintendo Switch dilaporkan masih berada di tahap awal dan belum sampai tahap gameplay.

Dengan kata lain, para developer pihak ketiga tersebut masih harus melewati banyak langkah apabila ingin GTA 5 bisa dimainkan di ketiga platform itu, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina.

Namun, setidaknya hal ini menunjukkan bahwa Rockstar Games selaku publisher bisa saja melakukan porting GTA 5 ke Android, Linux, dan Nintendo Switch. Meskipun performa game tersebut di ketiga platform itu mungkin tidak akan seperti di PC atau konsol.

Pakai sumber kode yang bocor

Para developer ini melakukan porting GTA 5 ke Nintendo Switch, Android, dan Linux dengan memanfaatkan sumber kode (source code) GTA 5 Online yang sempat bocor pada Desember 2023.

Kode sumber adalah kumpulan instruksi yang ditulis dengan bahasa pemrograman, yang bisa digabung (compile) menjadi sebuah program komputer.

Dalam konteks game, kode sumber yang dicuri bisa disalahgunakan misalnya untuk menyebarkan virus atau membuat cheat.Oleh sebab itu, developer biasanya merahasiakan kode sumber ini.

Baca juga: Game GTA 6 Sudah Mejeng di Situs Resmi Rockstar Games

Insiden kebocoran ini dilakukan oleh anggota kelompok peretas (hacker) Lapsus$, Phil, yang juga mengeklaim telah mencuri kode sumber GTA 6, informasi rahasia seputar game Bully 2, Midnight Club 5, dan konten tambahan (expansion) GTA 5 yang dibatalkan.

Source code GTA 5 ini disebarkan oleh Phil lewat platform perpesanan instan Telegram. Lalu, bocoran kode tersebut disebar pula oleh pihak lainnya di aplikasi chat Discord dan situs darkweb.

Phil juga menuliskan pesan di Telegram yang berisi penghormatan kepada peretas Lapsus$ bernama Arion Kurtaj.

Kurtaj sebelumnya membocorkan puluhan video gameplay GTA 6 lewat di GTA Forums lewat akun @teapotuberhacker. Ia kemudian dijatuhkan hukuman kurungan rumah sakit tanpa batas waktu karena telah meretas Rockstar Games dan Uber.

"Bebaskan Arion Kurtaj. Ia memulai semua (pembocoran) ini dan memastikan bocoran ini akan dipublikasikan. Saya punya rasa hormat yang tinggi untuk Kurtaj. Saya merindukan Anda, kawan," tulis Phil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com