Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIM Card dengan Nomor Cantik 10 Digit Terjual Rp 13 Miliar

Kompas.com - 05/04/2024, 10:04 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Kota Dubai, Uni Emirat Arab, dikenal dengan gaya hidup yang mewah. Baru-baru ini, sebuah kartu SIM dengan nomor cantik juga terjual dengan harga fantastis di kota tersebut.

Kartu SIM itu memiliki nomor cantik dengan deret angka tujuh sebanyak 7 digit "058-7777777". Sim card ini kemudian dilelang dalam sebuah lelang amal di Dubai.

Siapa sangka SIM card dengan nomor cantik itu terjual seharga 3,2 juta dirham Uni Emirat Arab atau setara sekitar Rp 13,8 miliar dengan asumsi Rp 4.332,57 per 1 dirham UEA.

Awalnya, SIM card itu dilelang dengan harga pembuka 100.000 dirham UEA. Proses lelang berlangsung cukup intens karena banyak orang menawar dengan harga tinggi. Pada akhirnya, nomor cantik itu terjual 3,2 juta dirham UEA.

Baca juga: Di Irak, Kartu SIM dengan Nomor Cantik Bisa Seharga Mobil Mewah

Kartu SIM dengan nomor cantik terjual Rp 13 miliar di DubaiNews24 Kartu SIM dengan nomor cantik terjual Rp 13 miliar di Dubai

Namun tidak dirinci siapa miliarder yang memenangkan lelang tersebut.

Tidak hanya nomor cantik dengan angka 7 sebanyak 7 digit, dalam kesempatan itu juga terdapat berbagai barang lelang, meliputi total 21 SIM card dengan nomor cantik dari operator lokal termasuk Du dan Etisalat serta 10 pelat nomor mobil mewah.

Baca juga: Resmi, eSIM Telkomsel Sudah Bisa Dibeli mulai Rp 25.000

Dari lelang itu, terkumpul sekitar Rp 28,6 miliar. Dana tersebut kemudian dipakai untuk mendukung kampanye sosial pemerintah daerah, dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (5/4/2024).

Seharga mobil mewah

Tidak hanya di Dubai, kartu SIM dengan nomor cantik juga digandrungi orang-orang di Irak.

Pada tahun 2018, salah satu penjual nomor ponsel cantik di Irak yang bernama Haider Mohamed mengaku pernah menukar sebuah kartu SIM bernomor cantik dengan mobil Lexus seharga 60.000 dollar AS atau lebih dari Rp 954 juta.

Mengapa sebuah nomor ponsel cantik di negeri 1001 malam itu bisa sebanding dengan harga mobil mewah? "Angka adalah bahasa", kata Mohamed, sang pemilik toko bernama "World of Distinction" yang menjual aneka nomor cantik.

"Nomor cantik memberi kesan tertentu tentang pemiliknya. Misalnya, bahwa ia berselera tinggi dan kaya raya sehingga menimbulkan rasa optimis dan prestise," lanjut Mohamed, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Washington Post.

Di Irak, nomor ponsel cantik digunakan sebagai alat untuk mendapat perhatian dari mitra bisnis kelas atas, koneksi yang baik dengan politisi, hingga menarik calon pasangan ke dalam hubungan asmara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com