Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbaiki Eror "Invalid SIM Card" di HP Android

Kompas.com - 08/10/2023, 15:01 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android tentu tak jarang mengalami beragam eror. Salah satunya saat memasang kartu SIM baru.

Eror yang terjadi pada kartu SIM biasanya muncul dengan keterangan "Invalid SIM Card" atau kartu SIM tidak valid. Pesan ini muncul saat ponsel tidak dapat mengenali atau memvalidasi kartu SIM yang dimasukkan.

Hal ini biasanya bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari kartu SIM tidak terpasang dengan benar, slot kartu SIM yang rusak, ponsel tidak mendukung kartu SIM, hingga kartu yang memang tidak terdaftar.

Lantas bagaimana cara memperbaiki eror "Invalid SIM Card"? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Apa Itu e-SIM, Bedanya dengan Kartu SIM Biasa?

Nyalakan ulang ponsel Android (restart)

Salah satu cara termudah mengatasi eror di ponsel Android adalah dengan melakukan restart atau memuat ulang ponsel Anda.

Hal ini bisa jadi akan mengatasi ponsel Anda yang mengalami eror "Invalid SIM Card". Setelah melakukan restart, cobalah untuk memasukkan kartu SIM kembali.

Menghidupkan dan mematikan mode pesawat

Cobalah untuk beberapa kali mengaktifkan atau mematikan mode pesawat untuk memperbaiki masalah jaringan. Caranya buka pengaturan di ponsel Anda, kemudian aktifkan mode pesawat.

Anda juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat lewat fitur menu ponsel yang bisa ditarik dari atas layar ponsel dan klik ikon pesawat. Cara ini bisa jadi mengatasi masalah konektivitas di ponsel Android Anda.

Mengeluarkan dan memasukkan kembali kartu SIM di ponsel

Selain mengatasinya melalui fitur ponsel, Anda juga bisa mengatasinya dengan memasukkan dan mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Android Anda.

Keluarkan kartu SIM dan masukkan kembali. Cek apakah terdapat kerusakan pada slot kartu SIM ponsel Anda. Apabila baik-baik saja, masukkan kembali kartu SIM pada perangkat Anda dan coba kembali.

Atur ulang pengaturan jaringan Anda

Solusi lainnya adalah mengatur ulang pengaturan jaringan Anda. Tindakan ini tidak akan menghapus data Anda tetapi akan menghapus pengaturan jaringan Wi-Fi, Bluetooth, dan seluler apa pun, termasuk jaringan dan kata sandi yang Anda simpan.

Untuk mengatur ulang, masuk ke pengaturan jaringan ponsel dan coba atur ulang pengaturan jaringan Anda. 

Cek mode jaringan ponsel

Salah satu alasan umum mengapa muncul pesan 'Kartu SIM tidak valid' mungkin karena ponsel Android Anda diatur ke pengaturan jaringan yang tidak tepat.

Ponsel umumnya memiliki pilihan jaringan seperti GSM, LTE, atau otomatis. Bisa jadi pengaturan jaringan di ponsel Anda tidak sesuai sehingga kartu SIM tidak terbaca dengan benar.

Untuk memperbaikinya, buka menu pengaturan ponsel Anda, pilih opsi jaringan/koneksi seluler, kemudian buka pengaturan mode jaringan ponsel Anda.

Baca juga: Setelah eSIM, Kini Hadir Kartu SIM Digital Baru iSIM, Apa Itu?

Demikian beberapa cara memperbaiki eror "Invalid SIM Card". Apabila masih eror, Anda bisa mencoba membeli kartu SIM baru atau meminta menggantinya di operator seluler yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com