Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gelar Acara "Let Loose" 7 Mei, Rilis iPad Baru?

Kompas.com - 24/04/2024, 07:57 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Apple mengumumkan akan menggelar acara peluncuran bertajuk "Let Loose" pada 7 Mei 2024, pukul 07.00 waktu Amerika Serikat atau sekitar pukul 21.00 WIB malam.

Hal ini diumumkan lewat undangan virtual yang dikirimkan kepada berbagai situs media pada Selasa, (23/4/2024) malam waktu Indonesia.

Undangan Apple Event tersebut menampilkan ilustrasi sebuah tangan yang sedang memegang pena digital (stylus) Apple Pencil. Stylus tersebut tampak ditekan dan mengeluarkan berbagai macam warna yang membentuk logo khas Apple.

Di bawah ilustrasi tersebut, terdapat tulisan "Let loose" yang memiliki arti "Melepaskan". Apple tidak menjelaskan arti tagline tersebut. Namun, kehadiran Apple Pencil itu memberikan petunjuk bahwa acara peluncuran ini akan berfokus pada tablet iPad.

Undangan ini juga mengonfirmasi bahwa acara tersebut bisa ditonton secara online lewat situs resmi Apple.com atau lewat aplikasi Apple TV.

Baca juga: Apple Hapus Aplikasi Media Sosial Populer dari App Store China

Alternatifnya, pengguna juga bisa menyaksikan acara peluncuran ini lewat platform YouTube di tautan berikut ini.

Rilis iPad baru?

Rumornya, Apple akan merilis iPad baru pada acara "Let loose" yang dihelat tanggal 7 Mei mendatang. Sejumlah bocoran juga sudah beredar di dunia maya.

Hal ini diperkuat oleh gambar dalam undangan Apple Event yang menampilkan ilustrasi Apple Pencil. Apple Pencil adalah salah satu aksesori yang dirancang untuk iPad.

Jika bocoran ini akurat, artinya Apple kembali merilis iPad setelah absen pada 2023. Jeda satu tahun ini kabarnya diambil karena Apple ingin mengevaluasi ulang arah dan sasaran dari penjualan iPad.

Adapun Apple konon bakal mengumumkan model baru iPad Pro dan iPad Air pada Apple Event 7 Mei mendatang. Selain itu, perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, AS itu juga disebut akan memperkenalkan Magic Keyboard dan Apple Pencil baru.

Kedua model iPad Pro ini diklaim bakal memiliki chip Apple M3, layar OLED 11 inci dan 13 inci, dimensi yang lebih tipis, pilihan layar matte, serta kamera selfie yang kini ditaruh di sisi horizontal layar, bukan vertikal.

Model iPad Pro terbaru diklaim juga bakal memiliki dukungan pengisian daya nirkabel (wireless) dengan charger magnetik MagSafe.

Kemudian, Apple konon menghadirkan dua model iPad Air terbaru dengan chip Apple M3, layar mini-LED 10,9 inci dan 12,9 inci, serta kamera yang diposisikan secara horizontal (landscape).

Baca juga: iPhone dan iPad Ini Resmi Masuk Daftar Perangkat Kuno

Ini bakal menjadi pertama kalinya iPad Air memiliki layar mini-LED. Layar ini mempunyai kecerahan yang ditingkatkan untuk konten HDR, warna hitam yang lebih pekat, dan lain sebagainya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Rabu (24/4/2024).

Magic Keyboard diperkirakan bakal didesain ulang sehingga mempunyai sasis aluminium yang lebih kokoh dan trackpad yang lebih besar. Aksesori ini diklaim akan membuat iPad terlihat seperti laptop.

Apple juga berencana meluncurkan Apple Pencil baru yang kemungkinan memiliki dukungan gestur meremas (squeeze) untuk melakukan tugas cepat. Sebagai perbandingan, Apple Pencil generasi kedua alias terbaru tidak dibekali fitur seperti itu.

Perlu dicatat bahwa deretan informasi di atas masih berupa rumor saja dan belum dikonfirmasi oleh Apple. Kita tunggu saja informasi akuratnya pada Apple Event 7 Mei 2024 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com