Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canva Enterprise Meluncur, Platform Desain Grafis Khusus untuk Pengguna Kantoran

Kompas.com - 28/05/2024, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber canva

KOMPAS.com - Platform desain grafis online Canva resmi meluncurkan lini produk berbayar Canva Perusahaan (Canva Enterprise) pada Kamis (23/5/2024).

Produk ini diumumkan dalam acara Canva Create berskala internasional pertama yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat.

Canva Enterprise merupakan opsi langganan baru yang melengkapi Canva Pro dan Canva Teams. Seperti namanya, opsi ini ditujukan untuk perusahaan besar (enterprise), agar mereka bisa membuat konten visual berskala besar dan berkolaborasi dengan lebih mudah.

Canva Enterprise menghadirkan beragam fitur baru untuk dunia kerja. Di saat yang bersamaan, Canva juga mengumumkan perombakan antarmuka (user interface/UI) untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Perombakan ini disebut bakal membawa pengalaman yang lebih baik bagi para pekerja di perusahaan.

"Kami sangat senang saat meluncurkan tampilan Canva yang baru ini bersamaan dengan serangkaian produk baru yang dirancang untuk membantu setiap tim memuluskan alur kerja mereka," kata Melanie Perkins selaku Co-Founder dan CEO Canva.

Baca juga: Cara Ganti Warna Background Foto di Canva, Mudah dan Cepat

Bicara soal fitur, Canva Enterprise memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan jumlah anggota hingga lebih dari 100 member, serta menyesuaikan kapasitas penyimpanan awan (cloud) dengan kebutuhan perusahaan.

Perusahaan bisa membuat beberapa tim yang berbeda dalam satu organisasi.

Setiap desain yang dibuat ini bisa disatukan dalam satu akun terpusat, sehingga lebih rapi dan mudah ditemukan. Terdapat juga fitur mengelola akses terhadap elemen (objek visual) dan templat Canva, sehingga dapat dibagikan ke rekan kerja tertentu.

Untuk urusan keamanan, Canva Enterprise dibekali beberapa alat, yakni MFA, SCIM, SSO, dan Canva Shield yang diklaim menawarkan keamanan tangguh.

Hal ini juga sudah termasuk perlindungan kewajiban legal untuk konten kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), khusus pelanggan yang memenuhi syarat.

Untuk membeli Canva Enterprise, pengguna mesti menghubungi tim penjualan Canva terlebih dahulu. Harga layanan ini bakal tergantung jumlah karyawan dalam perusahaan.

Sementara layanan lain, yakni Canva Pro bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp 769.000 per tahun untuk satu pengguna, sedangkan Canva Teams dibanderol Rp 730.000 per tahun untuk satu pengguna (Rp 2,1 juta untuk tiga pengguna), sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Canva, Selasa (28/5/2024).

Rombak antarmuka

Beralih ke antarmuka, Canva mempunyai bilah alat edit kontekstual yang lebih lega, dan alat-alat seperti penghapus latar belakang sekali klik serta alat AI Canva Studio Ajaib (Magic Studio) bisa ditemukan dengan mudah.

Antarmuka baru CanvaCanva Antarmuka baru Canva
Canva mempunyai beranda baru yang bisa disesuaikan. Pengguna kini dapat menandai desain, folder, dan templat merek yang sering dipakai sebagai favorit.

Organisasi dapat menge-pin konten perusahaan atau tim ke bagian atas halaman. Kemudian, ada pula filter dalam antarmuka pencarian (search), yang diklaim bakal memangkas waktu pencarian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com