Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Tertaut dengan Perangkat Lain, Mudah

Kompas.com - 18/06/2024, 14:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Salah satunya seperti cara mengetahui WA tertaut dengan perangkat lain.

Cara melihat perangkat tertaut di WA itu bakal berguna untuk memastikan keamanan akun pengguna. Sebagai informasi, WhatsApp memiliki fitur perangkat tertaut atau “Linked Device” yang memungkinkan satu akun WA login di beberapa perangkat.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Menggunakan E-mail dengan Mudah dan Praktis

Fitur perangkat tertaut membuat pengguna bisa menautkan WA dari HP sebagai perangkat utama ke berbagai perangkat tambahan seperti komputer, laptop, dan HP sekunder.

Penautan akun WA bisa dilakukan melalui platform seperti WhatsApp Web, WhatsApp Desktop, dan aplikasi WhatsApp di HP sekunder. Fitur Linked Device memudahkan pengguna untuk mengakses WhatsApp.

Namun, di sisi lain, fitur ini juga bisa menjadi celah untuk terjadinya peretasan akun WA pengguna. Peretasan bisa berjalan akibat pengguna lupa telah login akun WA di perangkat mana saja.

Bisa jadi, pengguna pernah login di perangkat asing dan lupa tidak mengeluarkannya. Untuk memastikan akun WA pernah login di perangkat mana saja, pengguna perlu mengetahui cara melihat riwayat login WA.

Lantas, bagaimana cara melihat perangkat tertaut di WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengetahui WA tertaut dengan perangkat lain secara mudah.

Cara mengetahui WA tertaut dengan perangkat lain

Cara melihat perangkat tertaut di WA itu cukup mudah. Pengguna bisa memeriksa riwayat login akun WA miliknya melalui menu “Linked Device” yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di HP utama.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Coret di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melihat riwayat login WA melalui menu “Linked Device” adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Pada menu itu, pengguna bakal disajikan daftar semua perangkat atau platform yang telah login menggunakan akun WhatsApp.
  • Kemudian, terdapat pula informasi kapan akun WhatsApp terakhir kali aktif di satu perangkat yang telah tertaut.

Ilustrasi cara melihat perangkat tertaut di WA dan mengeluarkannya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat perangkat tertaut di WA dan mengeluarkannya.

Cukup mudah bukan cara mengetahui WA tertaut dengan perangkat lain? Melalui cara di atas, pengguna bisa memastikan apakah akun WhatsApp miliknya telah login di perangkat yang tepat. Itulah cara mengetahui WA tertaut dengan perangkat lain.

Jika setelah dicek ternyata terdapat perangkat asing yang login, pengguna bisa mengeluarkan akun WA dari sana melalui aplikasi WhatsApp di HP utama. Lantas, bagaimana cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain?

Jika tertarik untuk mengetahuinya juga, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain dengan mudah.

Cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain

Cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain itu sejatinya cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna mengakses menu “Linked Device” juga yang terdapat pada aplikasi WhatsApp HP Utama. Adapun penjelasan detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Pada menu itu, pengguna bakal disajikan daftar semua perangkat atau platform yang telah login menggunakan akun WhatsApp.
  • Untuk mengeluarkan akun WhatsApp, klik salah satu perangkat dan pilih opsi “Log Out”.
  • Terakhir, akun WhatsApp yang tertaut di perangkat tambahan bakal dikeluarkan secara otomatis.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri, Mudah dan Praktis

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com