Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Pastikan iOS 18 Meluncur Juni di WWDC 2024

Kompas.com - 30/05/2024, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple dijadwalkan menggelar konferensi pengembang (developer) tahunan "Worldwide Developers Conference" (WWDC) 2024 selama lima hari, pada 10-14 Juni 2024.

Dalam ajang ini, Apple dipastikan akan mengungkap pembaruan untuk sistem operasi iPhone, dengan mengumumkan iOS 18. iOS 18 akan diumumkan saat sesi keynote WWDC pada Senin (10/6/2024) pukul 13.00 Waktu Pasifik atau Selasa (11/6/2024) pukul 03.00 WIB.

Selain iOS 18, Apple juga akan mengumumkan iPadOS 18, macOS 15, tvOS 18, watchOS 11, dan visionOS 2. WWDC bisa disaksikan secara live streaming di situs resmi Apple, aplikasi Apple Developer, aplikasi Apple TV, dan kanal resmi Apple di YouTube.

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2024 Digelar 10 Juni

Soal iOS 18, Apple belum merinci fitur-fitur baru yang akan dihadirkan. Namun kabarnya, iOS 18 menjadi pembaruan "terbesar" dalam sejarah iPhone.

iOS 18 diyakini menyertakan fitur AI baru untuk Siri dan banyak aplikasi. Apple disebut berencana menambahkan dukungan RCS ke aplikasi iMessage (pesan) untuk pengalaman SMS yang lebih baik antara iPhone dan perangkat Android.

Pembaruan sistem operasi generasi baru ini juga diharapkan memperkenalkan Layar Beranda (Home Screen) yang lebih dapat dipersonalisasi dan perubahan desain antarmuka pengguna lainnya. iOS 18 juga disebut membawa fitur baru di aplikasi seperti Apple Maps dan Kalkulator, fitur aksesibilitas tambahan, dan banyak lagi.

Berikut KompasTekno rangkumkan 7 fitur baru yang diyakini akan dibawa iOS 18.

Kedatangan fitur AI

iOS 18 dikabarkan memiliki fitur AI baru untuk Siri, Spotlight, Shortcuts, Apple Music, Messages, Health, Numbers, Pages, Keynote, dan banyak lagi. Hal ini diungkap oleh sumber seperti Mark Gurman dari Bloomberg dan Wayne Ma dari The Information.

CEO Apple Tim Cook berulang kali memberi isyarat bahwa perusahaannya sedang mengerjakan AI generatif, dan berencana untuk membagikan detailnya “akhir tahun ini". Kepala pemasaran Apple Greg Joswiak juga mengisyaratkan AI dalam postingan media sosial tentang WWDC 2024.

iOS 18 diperkirakan tidak menyertakan chatbot rancangan Apple, tetapi kemitraan dengan OpenAI kabarnya akan diumumkan di WWDC.

Personalisasi ikon di Home Screen

ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)macrumors.com ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)
iOS 18 akan menampilkan Home Screen yang "lebih dapat disesuaikan", menurut Gurman.

MacRumors melaporkan, iOS 18 akhirnya akan memungkinkan pengguna untuk menempatkan ikon aplikasi di mana saja di grid Layar Utama.

Artinya, pengguna akan dapat membuat spasi, kolom, dan baris kosong di antara ikon aplikasi. Fitur dasar ini sudah lama tersedia di smartphone Android, tapi baru sekarang Apple menghadirkannya ke iPhone.

Baca juga: Apple Ungkap Penyebab Bug iOS 17.5 yang Bikin Foto Terhapus Muncul Lagi

Adopsi RCS di iMessage

Perbandingan pesan yang dikirim dari iMessage atau SMS/MMS di iPhoneGSM Arena Perbandingan pesan yang dikirim dari iMessage atau SMS/MMS di iPhone
pada bulan November, Apple mengumumkan bahwa mereka akan mendukung RCS (Rich Communication Services) standar perpesanan lintas platform di aplikasi iMessage di iPhone. 

RCS adalah standar untuk memodernisasi SMS/MMS. Google menggunakan standar ini untuk aplikasi Messages, yang dibuat untuk menggantikan fitur SMS di HP Android.

Apple menyebut, fitur ini bakal hadir mulai "akhir" 2024, sehingga kemungkinan besar dukungan RCS di iMessage ini akan menjadi fitur iOS 18 yang bakal diumumkan bulan depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com