Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.5.1, Perbaiki Bug Penyebab Foto yang Sudah Dihapus Muncul Lagi

Kompas.com - 21/05/2024, 09:45 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple resmi merilis sistem operasi iOS 17.5.1 dan iPadOS 17.5.1 untuk perangkat iPhone dan iPad. Sistem operasi terbaru itu dirilis untuk memperbaiki masalah sistem (bug) galeri foto di iOS 17.5.

iOS 17.5 sendiri dirilis pada pekan lalu. Sejumlah pengguna melaporkan adanya bug yang membuat foto-foto pengguna yang sudah dihapus, muncul kembali dalam galeri.

Bahkan, foto tersebut ditandai sebagai gambar “yang baru saja diunggah” (recently updated) di penyimpanan cloud, iCloud. Hal inilah yang membuat pengguna khawatir.

“Pembaruan ini dirilis untuk perbaikan penting dan ditujukan untuk masalah yang jarang terjadi, di mana foto mengalami kerusakan basis data yang membuat konten foto kembali muncul di Photos, walau foto tersebut sudah dihapus,” jelas Apple.

Baca juga: Pengguna iPhone yang Update iOS 17.5 Kaget, Foto yang Lama Dihapus Muncul Lagi

Pantauan KompasTekno, Selasa (21/5/2024), iPadOS 17.5.1 sudah hadir di Indonesia dan bisa langsung dipasang di perangkat.

Cara melakukan update bisa dengan mengakses menu Settings (Pengaturan). Pilih bagian General di samping kiri. Ketuk “Software Update”. Tunggu beberapa saat sampai OS versi terbaru muncul untuk di-install.

Foto lama muncul, membuat pengguna khawatir

Cara mengubah nama dan kata sandi hotspot di iPhone.Unsplash/Bagus Hernawan Cara mengubah nama dan kata sandi hotspot di iPhone.

Sejumlah pengguna melaporkan adanya bug di iOS 17.5 ini melalui forum online Reddit. Menurut sejumlah pengguna, ada foto pribadi yang sudah dihapus sejak 2021 kembali muncul.

“Saya kerap menghapus empat foto yang diambil 2010 dan konten tersebut kembali muncul sebagai konten terbaru yang diunggah ke iCloud,” kata salah satu pengguna.

“Hal yang sama juga terjadi padaku. (Ada) enam foto dengan rentang waktu berbeda, sudah jelas saya hapus, dan (foto itu) kembali muncul sebagai foto yang baru diunggah pada 2023,” tambah pengguna dengan masalah serupa.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.5, Bawa Fitur Sideloading dan Mode Perbaikan

Nah, mengingat Apple kini sudah menggelontorkan iOS dan iPadOS terbaru, pengguna iPhone dan iPad bisa langsung segera melakukan pembaruan OS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (21/5/2024)

Apple juga sudah menjelaskan bahwa penyebab dari masalah ini adalah kerusakan pada basis data di Photos. Dipastikan juga dengan iOS terbaru ini, foto lama yang sudah dihapus tidak akan muncul kembali di galeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com