Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo LOQ 15IAX9I Resmi di Indonesia, Laptop Gaming "Murah" dengan AI

Kompas.com - 14/06/2024, 17:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo resmi merilis laptop gaming terbarunya bernama LOQ 15IAX9I di Indonesia. LOQ adalah seri laptop gaming mainstream yang ditujukan bagi para pengguna atau gamer pemula, berbeda dari Legion untuk gamer ekstrem.

Karena targetnya pemula, spesifikasinya pun lebih ringan, serta harganya juga lebih murah dibanding seri Legion.

Meskipun lebih ringan, LOQ 15IAX9I diklaim tetap memiliki fitur gaming yang mumpuni. Selain itu, laptop ini juga dibekali fitur kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

Kinerja AI di laptop ini ditopang oleh chip AI buatan Lenovo yang dinamai LA1 AI. Dengan chip ini, LOQ 15IAX9I dapat menjalankan pemrosesan AI generatif untuk membuat konten-konten digital yang baru lewat bantuan AI. 

Baca juga: Lenovo: Indonesia Penting bagi Bisnis Kami

Chip LA1 AI ini turut menghadirkan teknologi bernama Lenovo AI Engine Plus. Teknologi ini menghadirkan fitur yang bisa berjalan di PC yang dijuluki "Balance". Fitur ini dapat mendeteksi secara otomatis pengaturan hardware laptop sesuai dengan kegiatan pengguna.

Ketika laptop sedang dipakai untuk bekerja atau belajar, misalnya, maka performa hardware akan diturunkan sedikit, sedangkan ketika bermain game, performa hardware akan dimaksimalkan secara otomatis atau melalui aplikasi Lenovo Vantage.

Khusus untuk bermain game, Lenovo AI Engine Plus juga diklaim dapat membuat tingkat kemulusan (frame rate) ketika bermain game semakin lancar.

Di Lenovo LOQ 15IAX9I, chip LA1 AI dan fitur-fitur AI yang menyertainya juga dikombinasikan dengan kemampuan prosesor (CPU) Intel Core i5-12450HX serta pengolah grafis (GPU) Intel Arc A530M.

GPU Intel Arc A530M di laptop ini mendukung beberapa fitur grafis mumpuni seperti ray tracing, Intel AI-Accelerated XSS Image Upscaling, DirectX 12 Ultimate, dukungan oneAPI dan OpenVINO, dan masih banyak lagi.

Lenovo LOQ 15IAX9I.Lenovo Lenovo LOQ 15IAX9I.

Untuk aspek memori, RAM di Lenovo LOQ 15IAX9I bisa dikonfigurasikan hingga 16 GB. Kemudian untuk media penyimpanannya (storage) memiliki jenis SSD dengan kapasitas hingga 1 TB.

Beralih ke soal desain, Lenovo LOQ 15IAX9I memiliki layar IPS dengan ukuran 15,6 inci dengan resolusi WQHD (2.560 x 1.440 piksel).

Baca juga: Lenovo Luncurkan Legion 7000K, PC Desktop Gaming dengan CPU Laptop

Layar ini memiliki tingkat kecerahan 350 nit, rasio aspek 16:9, refresh rate 165 Hz, dan sudah mendukung fitur Nvidia G-SYNC untuk membuat animasi game lebih mulus.

Fitur pendukung lain yang ada di laptop gaming mainstream ini mencakup baterai dengan kapasitas 60 Whr, stereo speaker, webcam 1080p dengan E-Shutter, konektor USB-A, USB-C, HDMI, Ethernet, dan Headphone/Mic Combo, serta sistem operasi Windows 11 Pro.

Ada pula fitur Advanced Optimus untuk mengoptimalkan kinerja laptop untuk memperpanjang masa pakai baterai, Hyper Chamber Cooling System untuk membuat laptop tetap adem ketika bermain game, serta sertifikasi uji ketahanan militer MIL-STD-810H supaya bodi laptop tahan banting dan benturan.

Lenovo LOQ 15IAX9I memiliki dimensi panjang, lebar, dan dimensi ketebalan 359,86 x 257,7 x 21,9-23,9 mm dengan bobot sekitar 2,45 kg. 

Di Indonesia, laptop ini sudah bisa didapatkan pengguna mulai hari ini di sejumlah toko mitra Lenovo di Tanah Air, baik itu offline maupun online, dengan harga Rp 11.999.000 untuk satu-satunya SKU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com