Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Musik Robot, Punya Gitaris dengan 78 Jari

Kompas.com - 18/02/2014, 18:02 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Para robot kini tak hanya memasuki industri manufaktur, tetapi juga industri musik. Para robot ini menamakan grup musik mereka sebagai Z-Machines.

Grup musik ini terdiri atas robot gitaris yang memiliki 78 jari, robot drummer yang memiliki 22 lengan, serta robot pianis yang menembakkan laser ke keyboard. Mereka semua dirancang hingga terlihat memiliki tubuh dan kepala.

Tentu saja, robot-robot ini diciptakan oleh manusia. Pembuatnya adalah komposer asal Inggris, Tom Jenkinson yang juga dikenal dengan nama Squarepusher. Ia berkolaborasi dengan tim ahli robotika asal Jepang yang dipimpin Kenjiro Matsuo.

Jenkinson dan Matsuo membuat sebuah sistem kompleks serta menyusun kode pemrograman agar robot-robot tersebut dapat memainkan alat musik secara detail dan menciptakan harmonisasi.

"Dalam proyek ini, instrumen akrab digunakan dalam cara-cara yang hingga saat ini dianggap tidak mungkin," kata Jenkinson.

Ia menjelaskan, setiap perangkat robot yang terlibat dalam pertunjukan musiknya memiliki spesifikasi tersendiri yang memiliki kemampuan tertentu.

"Robot yang memainkan gitar, misalnya, bisa bermain jauh lebih cepat ketimbang manusia, tetapi ia tidak mampu mengontrol amplitudo," terang Jenkinson.

Jenkinson dan Matsuo telah membuatkan album untuk grup musik Z-Machines ini, dan rencananya akan dirilis pada 8 April 2014. Mereka juga telah memiliki satu video musik yang digarap oleh sutradara Daito Manabe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com