Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Samsung "Menyiksa" Galaxy S5

Kompas.com - 14/04/2014, 11:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sebuah thermal camera digunakan untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh Galaxy S5

KOMPAS.com -- Galaxy S5 mulai dirilis oleh Samsung pada 12 April 2014. Sebelum memasuki pasaran, smartphone ini terlebih dahulu melalui serangkaian proses uji internal untuk memastikan kualitasnya.

Sebagai contoh, Galaxy S5 harus bisa selamat dari aneka macam kemalangan kecil yang terjadi dalam hidup sehari-hari, misalnya terjatuh atau terkena listrik statis.

Dengan menjatuhkan Galaxy S5 berulang-ulang dan mengamatinya lewat kamera berkecepatan tinggi, Samsung bisa mengamati area mana dari ponsel tersebut yang paling rentan tumbukan dan memperkuatnya.

Nah, seperti apa proses pengujian Galaxy S5 tersebut? Berikut ini penjelasan singkat sebagian di antaranya, sebagaimana dirangkum dari Phone Arena.

1. Pemancar radio

Samsung
Ruangan tempat Samsung menguji pemancar radio ponsel

Samsung memakai sebuah ruangan khusus untuk menguji pemancar radio pada Galaxy S5. Ruangan dilapisi dengan foam berbentuk runcing yang menyerap gelombang radio untuk menyimulasikan area outdoor yang tak terhalang tembok.

2. Tingkat radiasi

Samsung
Galaxy S5 diukur tingkat radiasinya untuk memenuhi batasan yang ditentukan masing-masing wilayah pasar

Alat ini dipakai untuk mengukur tingkat radiasi yang dipancarkan Galaxy S5. Setiap negara memiliki aturan sendiri soal tingkat radiasi yang diperbolehkan. Jika sebuah perangkat tak memenuhi batasan itu, maka Galaxy S5 tak bisa dijual di negara bersangkutan.

3. Ketahanan tombol

Samsung
Tombol fisik dan softbutton Galaxy S5 diuji daya tahannya dengan mesin yang menekan tombol-tombol tersebut berulang kali

Tombol fisik dan layar sentuh adalah dua alat interaksi yang paling sering dipakai pengguna. Karena itu, daya tahannya perlu diuji. Samsung menggunakan alat khusus untuk menekan tombol berulang kali guna memastikan ketangguhannya.

4. Anti-kejut

Samsung
Tembakan dari pistol listrik statis termasuk pengujian yang harus dilalui Galaxy S5

Listrik statis yang kerap muncul di lingkungan berkelembaban rendah bisa merusak sirkuit elektronik, tak terkecuali ponsel. Galaxy S5 pun ikut pengujian "ditembak" dengan pistol listrik statis dan harus selamat.

5. Menangkap gambar

Samsung
Teknisi menguji kamera pada Galaxy S5

Semua aspek ponsel diperiksa, termasuk unit kamera yang diuji dalam berbagai kondisi cahaya berbeda. Begitu pula dengan LED flash yang mendampingi.

6. Berselimut debu

Samsung
Alat ini akan melapis Galaxy S5 dengan debu

Galaxy S5 memilik sertifikasi anti-debu dan air IP67. Untuk menguji ketahanannya, perangkat ini pun dimasukkan ke dalam alat yang akan melapisinya dengan debu. Para teknisi kemudian melihat apabila ada debu yang berhasil masuk ke dalam ponsel atau tidak.

7. Kualitas suara

Samsung
Teknisi audio menguji kualitas suara panggilan telepon Galaxy S5 dalam studio

Fungsi dasar sebuah ponsel adalah untuk menelepon, maka aspek tersebut turut disertakan dalam rangkaian pengujian. Para teknisi suara menggunakan studio untuk mendengarkan kualitas suara telepon dari Galaxy S5 dalam berbagai skenario lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com