Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Ekstrak Manggis Kini Ada "Game"-nya

Kompas.com - 07/07/2014, 11:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Dunia maya sedang dihebohkan dengan lelucon "ekstrak kulit manggis," sebuah jingle iklan produk kecantikan yang populer dan menyebar viral. Kabar gembiranya, sekelompok pengembang asal Yogyakarta juga turut serta dalam gelombang viral ini dengan membuat game bertemakan ekstrak kulit manggis.

Mbaktin Ekstrak Kulit Manggis, demikian nama game tersebut, dikembangkan oleh Amagine Interactive yang tergabung dalam komunitas Gamelan, komunitas developer game dari Yogyakarta. Game itu pertama kali diluncurkan pada Minggu, 6 Juli 2014.

Di halaman credit tittle-nya, pengembang Amagine Interactive mengatakan membangun game ini hanya dalam waktu semalam.

Dalam deskripsinya di Play Store, pengembang game ini mengakui bahwa Mbaktin Ekstrak Kulit Manggis terinspirasi oleh jingle iklan produk kecantikan yang terbuat dari ekstrak kulit manggis itu.

Game ini mengajak penggunanya untuk mengekstrak kulit manggis sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah disediakan. Pemain bisa mengekstrak kulit manggis dengan mengetuk-ngetukkan jari di tempat ikon manggis dimunculkan.

Namun, bukan sembarang mengetuk, pemain juga harus memberikan ketukan sesuai dengan angka yang dimunculkan. Misalnya, jika muncul ikon manggis dengan angka 2, maka pengguna harus mengetuknya dua kali. Begitu pun untuk ikon buah manggis dengan angka 1 atau 3.

Di akhir permainan, jika waktu yang disediakan telah habis, pemain bisa membagi prestasinya berupa ekstrak manggis yang dihasilkan ke situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus.

Karena tergolong game yang masih baru, maka baru sedikit pula pengguna yang memberikan ulasan. Pantauan KompasTekno, hingga Senin (7/7/2014), game ini mendapatkan rating komunitas 4,7 dari 83 orang penilai, mayoritas memberikan rating bintang 5.

Ulasan-ulasan yang diberikan pun bernada positif. Kholil Aziz, pada Senin (7/7/2014) memberikan ulasan, "Perlu dicoba, biar ga cuma jadi kabar gembira. pi pas main juga gembira."

Sementara pengguna lain, Fikri Rahman, menulis di kolom ulasan pada Minggu (6/7/2014), "Kabar gembira, kulit manggis ini adiktif buat dimainkan."

Jika Anda tertantang dan merasa mampu mengekstrak banyak kulit manggis dalam waktu yang cepat, Anda bisa mengunduh game Mbaktin Ekstrak Kulit Manggis melalui Google Play Store, atau mengunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com