Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Kenalkan Kartu Grafis Kencang Hemat Daya

Kompas.com - 22/09/2014, 08:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 980

KOMPAS.com - Anggota keluarga kartu grafis Nvidia bertambah banyak dengan kehadiran GeForce GTX 980 dan GTX 970 yang diumumkan akhir minggu lalu.

Sebagaimana dikutip dari The Inquirer, keduanya merupakan kartu grafis high-end dengan spesifkasi kelas atas. GeForce GTX 980 yang dibanderol seharga 549 dollar AS memiliki 2048 CUDA cores berkecepatan 1126 MHz.

Sementara, GeForce GTX 970 yang diposisikan di bawahnya dengan harga 329 dollar AS dibekali 1664 CUDA cores berkecepatan 1050 MHz.

Kedua kartu grafis dilengkapi memori GDDR5 256-bit berkapasitas 4GB yang dipatok pada kecepatan efektif sebesar 7 GHZ.

Kendati memiliki kinerja tinggi, berkat arsitektur baru bernama “Maxwell” yang digunakan untuk membangun chip penolah grafis (GPU) pada kedua produk ini, konsumsi daya GeForce GTX 980 dan GTX 970 lebih hemat hingga dua kali dibanding generasi sebelumnya.

“Maxwell dikembangkan selama bertahun-tahun,” ujar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang dalam sebuah pernyataan. “Performa, efisiensi, dan teknologinya yang luar biasa akan membantu pengembang game menciptakan karya terbaik mereka.”

Nvidia saat ini menguasai sekitar 70 persen pangsa pasar kartu grafis desktop dengan lini produk GeForce miliknya. Sebanyak 30 persen sisanya dikuasai oleh AMD melalui seri kartu grafis Radeon.

Kedua perusahaan yang merupakan rival berat ini mengambil strategi berbeda. AMD memasuk chip untuk  konsol game Microsoft Xbox One, Sony PlayStation, dan Nintendo Wii. Sementara, Nvidia mencoba masuk ke mobile dengan lini SoC Tegra.

Arsitektur Maxwell merupakan salah satu upaya Nvidia untuk mendorong langkahnya di dunia gadget. Selain di produk komputer desktop, Maxwell juga akan diterapkan di lini chip mobile Tegra milik Nvidia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com