Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaring Penggemar Gadget di Indonesia

Kompas.com - 03/11/2014, 14:15 WIB
Penulis: Yasunobu Hasimoto,


KOMPAS.com - Berdasarkan hasil riset dari Millward Brown bertajuk AdReaction 2014 Report yang dirilis bulan Juni lalu, orang Indonesia ternyata salah satu pengguna gadget yang paling besar di dunia, dikenal karena kecintaan mereka terhadap perangkat elektronik itu juga aksesorisnya.

Survei yang  melibatkan responden berusia 16 sampai 44 tahun di 30 negara ini mengungkapkan bahwa orang Indonesia menghabiskan waktu sekitar sembilan jam sehari dengan perangkat elektroniknya, paling lama dibandingkan negara-negara lain .

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa orang Indonesia adalah salah satu pengguna multi layar paling aktif di dunia. Mereka memeriksa jejaring sosialnya, berselancar di Internet, serta memainkan video game atau menonton program TV, secara bersamaan.

Tak mengejutkan apabila gadget adalah salah satu dari lima produk paling dicari pebelanja online di Indonesia.

Selama libur Lebaran tahun ini, TokoNewTech, toko gadget dan aksesoris elektronik menikmati kenaikan penjualan 25-30 persen. Produk-produk yang populer di TokoNewTech meliputi power bank berukuran saku, tongsis, speaker Bluetooth, dan earphones.

Begitu juga toko Indomaxelektronik, Koreaholic, dan Music-Angel. Ketiganya juga merasakan tren yang sama dalam hal peningkatan penjualan pada produk –produk tersebut karena kecintaan orang Indonesia terhadap gadget!

Namun, hanya menjual produk-produk populer bukan kunci kesuksesan. Agar merchant e-commerce elektronik dapat meningkatkan penjualan secara signifikan, mereka harus mengetahui tren terbaru produk-produk untuk konsumen dan memahami apa yang dicari pebelanja online.

Merchant juga harus menawarkan pengalaman berbelanja yang fokus pada pencarian dan koneksi, sehingga dapat menghubungkan konsumen yang memiliki minat yang sama dan berperan sebagai kurator daripada sekedar sebagai merchant serta berusaha untuk lebih menonjol atau memiliki diferensiasi karena konsumen cenderung melihat harga yang paling murah.

Berikut beberapa tips untuk para merchant online kecil maupun besar yang ingin menarik perhatian konsumen di Indonesia:

Manfaatkan kekuatan media sosial selama musim belanja

Menurut E-commerce Index terbaru dari Rakuten, lebih dari 40% orang memberikan  rekomendasi produk di media sosial.

Sementara di Indonesia, 77,5% responden mengatakan mereka secara teratur mereview dan merekomendasikan produk melalui media sosial.

Apakah Anda merekomendasikan tips-tips cara merayakan liburan secara hemat dengan tautan ke produk-produk diskon atau memberikan ide apa yang harus dibeli untuk Hari Ibu misalnya, pastikan Anda memanfaatkan jangkauan dan target konsumen yang berbeda dari media sosial.

Rencanakan sebelumnya promosi dan pemasaran pada musim-musim ramai

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com