Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Boyong Chromebook Rp 2 Jutaan ke Indonesia?

Kompas.com - 10/11/2014, 14:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan prediksi bangkitnya bisnis komputer pribadi (PC dan laptop) dunia, Acer dikabarkan berencana meluncurkan laptop dengan sistem operasi besutan Google, yaitu Chromebook di pasar Indonesia.

Chromebook adalah laptop yang dikembangkan Google bersama rekanannya yang menjalankan sistem operasi Chrome OS. Karena dikembangkan oleh Google, fitur-fitur Google seperti Search, Gmail, YouTube, Drive, dan Hangouts juga diintegrasikan di dalamnya.

Menurut informasi yang didapat KompasTekno dari sumber yang dekat dengan isu ini, Chromebook besutan Acer tersebut akan masuk ke pasar Indonesia sebelum akhir tahun 2014. Artinya, Chromebook akan menyapa pengguna di tanah air paling lambat akhir Desember ini.

"Sebelum akhir tahun ini Acer akan membawanya (Chromebook) ke Indonesia," demikian kata sumber yang menolak untuk disebut namanya itu kepada KompasTekno, Rabu (5/11/2014).

Sumber tersebut juga menolak menyebutkan varian Chromebook apa yang akan dibawa oleh Acer ke pasar Indonesia. Namun yang pasti, saat ini Acer memiliki portofolio Chromebook seri C7 yang dikembangkan bersama Google.

Dalam situs Acer Amerika Serikat, diketahui Acer saat ini memiliki empat varian laptop Chromebook, yaitu satu dengan versi layar 11,6 inci, dan tiga versi dengan layar 13,3 inci.

Keempat varian tersebut memiliki spesifikasi hardware yang berbeda untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Perbedaan utama yang dimiliki varian 11 dan 13 inci adalah memori yang digunakan.

Varian 11 inci dari Chromebook Acer menggunakan memori grafis Intel HD, sementara varian 13 inci menggunakan memori grafis Nvidia.

Selain itu, model Chromebook 11 inci hanya dikengkapi dengan penyimpanan SSD 16 GB dan memori RAM 2 GB. Sementara model 13 inci ada yang menggunakan penyimpanan SSD kapasitas 16 GB dan 32 GB. Semua model 13 inci mengusung memori RAM 4 GB.

Keempat varian tersebut tersedia dalam rentang harga 199 dollar AS (sekitar Rp 2,5 juta) hingga 379 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com