Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Ponsel di Semarang, Evercoss Mengaku Hemat

Kompas.com - 26/11/2014, 10:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Bulan Juni lalu, pabrik baru Evercoss di Semarang, Jawa Tengah, memulai produksi gadget. Fasilitas yang berdiri di lahan seluas 2,5 hektar ini antara lain memproduksi smartphone Android seri A7A dan tablet AT1A.

Pihak Evercoss mengatakan bahwa lokasi di Semarang, tepatnya di Kawasan Industri Terboyo, bisa menghemat biaya ketimbang jika pabrik yang bersangkutan dibangun di Jakarta.

"UMR (Upah Minimum Regional) di sini masih Rp 1,4 juta. Kalau di Jakarta bisa Rp 2 jutaan, makanya ini efisiensi juga," kata Chief Marketing Officer Evercoss Janto Djojo dalam acara kunjungan pabrik di Semarang yang dihadiri Kompas Tekno, Selasa (25/11/2014).

Janto menjelaskan bahwa fasilitas pabrik Evercoss di Semarang kini mempekerjakan sekitar 300 orang karyawan di 4 lini produksi. Kapasitas produksi pabrik ini sekarang disebut mencapai 500 ribu unit per bulan, 2015 ditargetkan meningkat jadi 1 juta unit per bulan.

Oik Yusuf/KompasTekno
Pabrik Evercoss di Kawasan Industri Terboyo, Semarang.
Selain hemat dari segi ongkos pekerja, Direktur Evercoss Edward S. mengatakan pabrik di Semarang juga lebih irit dalam hal pajak dibandingkan mekanisme lama dengan cara impor langsung dari Tiongkok.

"Kalau impor dalam bentuk utuh kena PPn 10 persen dan PPh 7,5 persen, sementara kalau impor komponen seperti yang dilakukan di pabrik kena PPn 10 persen dan PPh 2,5 persen, jadi ada penghematan 5 persen," terang Edward.

PT Aries Indo Global selaku pemilik merek dagang Evercoss menganggarkan dana investasi Rp 1 triliun untuk pembangunan pabrik di Semarang.

Edward menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut, sebesar 30 persen atau sekitar Rp 300 miliar sudah direalisasikan, sementara sisanya menunggu pembangunan pabrik lain seluas 8 hektar di kota yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com