BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Oppo N3 Sudah Bisa Cicipi "Lollipop"

Kompas.com - 12/03/2015, 16:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Oppo N3 menjalankan CyanogenMod CM12

KOMPAS.com - Oppo N3 memang belum resmi mendapat update sistem operasi Android 5.0 Lollipop, namun para pemiliknya sudah bisa mencicipi OS mobile terbaru itu melalui custom ROM CyanogenMod CM12.

Baru-baru ini tim CyanogenMod memang baru saja memperluas model perangkat yang didukung oleh CM 12 sehingga turut mencakup Oppo N3.

Keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno (11/3/2015) menyebutkan bahwa CM12 yang berbasis Android 5.0 sudah mendukung penggunaan remote shutter O-Klik pada Oppo N3.

Sejumlah gestur off-screen juga sudah didukung, meski hanya masih terbatas pada tiga gerakan untuk memanggil aplikasi kamera, musik, dan senter (flashlight).

Kamera putar Oppo N3 pun bisa digerakkan secara otomatis ke arah depan atau belakang lewat CM12, namun gerakan itu tidak bisa dilakukan secara perlahan seperti pada sistem operasi Android konvensional yang dilapis UI Color OS 2.

Perlu ditambahkan bahwa rilis CM12 saat ini masih berupa "nightly buidl" alias belum final dan masih mengandung bug.

Meski begitu, CM12 dinilai sudah cukup stabil sehingga bisa diunduh dan dijalankan oleh para pemilik perangkat yang kompatibel.

Pengguna Oppo N3 yang berminat bisa mengunduh CyanogenMod CM12 di tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com