Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Windows 10, Here Maps Pilih Android dan iOS

Kompas.com - 17/03/2016, 09:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber HERE Blog
KOMPAS.com - Lewat blog resminya, layanan aplikasi peta Here Maps mengumumkan bakal tak lagi mendukung platform Windows 10 di smartphone, terhitung sejak 29 Maret 2016.

Menurut Here Maps, selama ini aplikasi buatannya bisa berjalan di Windows 10 berkat sebuah workaround alias solusi sementara yang bakal dihentikan pada tanggal di atas.

Jika ingin membuat aplikasi yang mendukung platform Windows 10 sedari awal, maka Here Maps harus mengulang dari nol. Entah karena apa, hal ini rupanya dipandang terlalu berat.

"Karena itu, kami memutuskan untuk menghapus aplikasi kami dari toko aplikasi Windows 10," demikian tulis tim Here Maps, seperti dikutip KompasTekno, Rabu (16/3/2016).

Pemilik perangkat Windows Phone 8 masih bisa menggunakan aplikasi tersebut dan mendapatkan dukungan perbaikan bug yang bersifat critical, namun dipastikan tidak akan ada update besar dan fitur baru yang ditambahkan.

Dengan demikian, maka Here Maps akan fokus kepada dua platform mobile terpopuler, yakni Android dan iOS. Here Maps baru-baru ini juga menambahkan dukungan informasi transit di lebih dari 200 kota dan mendukung fitur layar sentuh 3D di perangkat iPhone.

(BACA: Nokia Here Resmi Hadir di Play Store)

Windows Phone (termasuk Windows 10 di smartphone) memang menjadi platform mobile yang kurang diminati saat ini, dengan pangsa pasar global yang hanya mencapai 1,1 persen di kuartal keempat 2015.

Ironisnya, Here Maps dulu memulai hidup sebagai aplikasi eksklusif di Windows Phone selama bertahun-tahun sebelum membikin versi Android dan iOS.

Here Maps yang sebelumnya dimiliki oleh Nokia tersebut telah dibeli oleh konsorsium mobil Eropa yang terdiri atas Audi, BMW, dan Mercedes pada Agustus 2015 lalu dengan mahal 3 miliar dollar AS. (BACA: Nokia Here Maps Resmi Dijual ke Audi dan BMW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com