Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, iOS 9.3.2 Bisa Merusak iPad Pro

Kompas.com - 17/05/2016, 12:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Apple resmi merilis iOS 9.3.2. Sayangnya, sistem operasi tersebut justru membuat kesal para pengguna iPad Pro. Mereka merasa terjebak dan berbondong-bondong mengeluh ke akun Twitter @AppleSupport.

Pasalnya, iOS 9.3.2 ternyata mengunci beberapa iPad Pro. Setelah menginstal sistem operasi itu dan memulai kembali (restart) perangkat, pengguna dihadapkan pada kode 'Error 56'.

Kode tersebut meminta pengguna mengoneksikan perangkat ke iTunes. Masalahnya, pengguna tak bisa melakukan perintah itu, sebagaimana dilaporkan Forbes dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Perangkat benar-benar terkunci. Jika dimatikan paksa dan dinyalakan kembali, pengguna tetap menemui kode error yang sama.

Setelah ditelisik pada panduan kode Apple, Error 56 didefinisikan sebagai masalah yang menyerang hardware.

Namun, jika kode tersebut muncul setelah menginstal sistem operasi, rasanya penjelasan tersebut tak masuk akal. Sistem operasi jelas merupakan bagian dari software, bukan hardware.

Masalah ini paling banyak menjangkiti iPad Pro 9.7. Meski begitu, tak sedikit pula iPad Pro 12.7 yang terkena imbas.

Kabar baiknya, tak ada keluhan yang datang dari pengguna iPhone. Sebaliknya, beberapa pengguna iPhone justru memuji sistem operas termutakhir dari Apple ini.

Hingga kini Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait masalah yang ditimbulkan iOS 9.3.2 pada lini iPad Pro. Untuk menghindari risiko, sebaiknya pengguna iPad Pro jangan dulu memperbarui sistem operasinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com