Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rampungkan Akuisisi Terbesar Senilai Rp 106 Triliun

Kompas.com - 12/03/2017, 14:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Pada November 2016, Samsung mengumumkan rencana akuisisi atas Harman International Industries Inc. dengan nilai 8 miliar dolllar AS atau lebih dari Rp 106 triliun.

Akuisisi terbesar sepanjang sejarah Samsung itu dilaporkan telah rampung pada akhir minggu ini, setelah mendapat persetujuan dari para pemegang saham Harman serta regulator lokal dan internasional.

Harman International akan berada 100 persen di bawah kepemilikan Samsung, sementara CEO Dinesh Paliwal akan terus menjabat posisinya. Para karyawan Harman, berikut kantor, aset fasilitas, dan merek dagang bakal dipertahankan.

Baca: Caplok Perusahaan Audio Harman, Samsung Mau Apa?

Saham Harman International akan berhenti diperdagangkan dan dihapus dari Bursa Saham New York pada 13 Maret mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Minggu (12/3/2017).

“Ini adalah momen historis untuk kami. Penutupan transaksi sekaligus membuka pintu untuk pertumbuhan besar,” ujar President and Chief Strategy Officer Samsung Electronics, Young Sohn, dalam sebuah pernyataan.

Dengan rampungnya akuisisi tersebut, Samsung otomatis menjadi pemasok utama komponen-komponen infotaintment Harman Kardon ke para pabrikan mobil, seperti General Motors.

Selain Harman Kardon, Harman International diketahui memiliki sejumlah brand audio kondang lain, seperti Infinity, JBL, Mexicon, dan Mark Levinson. 

Baca: Samsung Siapkan Wireless Earphone Bikinan Harman?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com