Salin Artikel

Jakarta Ungguli Istanbul dan Barcelona di Instagram

KOMPAS.com - Di balik hiruk-pikuk dan kemacetannya, Jakata dinobatkan sebagai salah satu kota populer sepanjang 2017 versi instagram. Jakarta menduduki peringkat ke delapan di daftar 10 kota populer di Instagram, mengalahkan Istanbul, Turki dan Barcelona, Spanyol.

Hasil ini didapat berdasarkan laporan tahunan yang dikeluarkan oleh Instagram. Seperti tahun sebelumnya, situs berbagi foto ini selalu mengeluarkan daftar kota terpopuler berdasarkan hashtag.

Tahun sebelumnya, Jakarta hanya menduduki peringkat 10. Posisinya tepat di bawah Istanbul yang masih berada di posisi 9.

Masuknya Jakarta menjadi salah satu dari 10 Kota populer di dunia menjadikannya sebagai satu satunya negara Asia dalam daftar. Sebab, daftar lainnya didominasi oleh negara dari Amerika dan Eropa.

Wajar saja jika Ibukota Indonesia ini menjadi salah satu dari 10 daftar kota terpouler di dunia. Meski tidak seindah destinasi wisata lain di Indonesia, jakarta menghadirkan perbaduan gaya hidup unik bagi para pengunjung.

Di satu sisi, Jakarta menjadi salah satu kota yang menyajikan gaya hidup modern bagi masyarakatnya. Namun di sisi lain, Kota yang sempat dijuluki Batavia ini memiliki sisi historis yang menarik banyak turis.

Selain Jakarta, berikut daftar 10 kota populer lainnya, seperti yang dikutip KompasTekno dari laman resmi Instagram, Rabu (6/12/2017). Berikut ulasannya:

New York, Amerika Serikat

Kota New York di Pulau Manhattan menjadi kota paling populer di Instagram. Wajar saja, mengingat kota ini merupakan salah satu wilayah terpadat dan tersibuk di dunia.

Kota ini memiliki pengaruh besar terhadap berbagai macam kegiatan seperti perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset hingga hiburan dunia. Selain itu, New York merupakan pusat hubungan penting dalam hubungan internasional.

Banyak sudut dari The Big Apple yang menarik untuk dipamerkan di Instagram. Selain lanskap kotanya yang dipenuhi pencakar langit, beberapa objek wisata yang sering dikunjungi para turis seperti Patung Liberty, Times Square, Jembatan Brooklyn, dan teater Broadway.

Moskow yang merupakan ibukota dari negeri tirai besi menjadi kota populer kedua versi instagram. Tidak dapat dipungkiri mengingat Moskow merupakan kota yang indah sekaligus modern dengan berbagai macam arsitektur klasik khas Eropa Timur.

Beberapa bangunan khas yang terdapat di Moskow, salah satunya adalah istana Kremlin. Tidak seperti istana pada umumnya, Kremlin memiliki bentuk bangunan unik dengan atap yang berwarna warni.

Selain Kremlin, ada juga Katedral Kristus Juru Selamat yang dibangun dengan arsitektur nan megah. Katedral ini digunakan sebagai tempat ibadah bagi kaum Kristen Ortodoks yang banyak dianut oleh warga Russia.

Selain destinasi wisata, Kota Moskow juga dikenal sebagai kota pusat kreatifitas di Rusia. 

London menjadi kota besar Eropa yang banyak diburu para turis saat liburan. Kota ini ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin melihat kemegahan Ibukota Inggris. Wajar saja jika kota ini masuk dalam tiga besar kota populer di Instagram.

Beberapa arsitektur ala Inggris seperti kotak telepon berwarna merah, bus tingkat, London Eye, bangunan klasik peninggalan kerajaan, Menara Big Ben, jembatan London menjadi ikon kota ini.

Tak heran jika banyak pengunjung dan turis mengabadikan momen mereka di kota ini. Sebab London memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Selain dikenal dengan Sepak bola dan tarian Samba, Brasil dikenal dengan seni jalanan yang sering disebut mural.

Di kota ini banyak terdapat mural yang menghiasi sudut kota. Yang paling populer adalah Beco do Batman atau Batman Alley.

Tempat ini merupakan sebuah jalan kecil yang dihiasi dengan berbagai karya seni jalanan yang Instagrammable. Saat Piala Dunia 2014 diselenggarakan, Batman Alley banyak dikunjungi oleh para turis.

Selain Mural, Sao Paulo juga menjadi pusat perdagangan dan keuangan di Brazil. Di Kota ini juga banyak terdapat museum dengan arsitektur khas yang menjadi daya tarik bagi para turis.

Dengan berbagai macam ciri yang dimiliki oleh kota ini, Sao Paulo dinobatkan sebagai kota terpopuler keempat di dunia versi Instagram.

Kota penuh cinta, sebutan yang sering didapat oleh Paris. Ditambah lagi keberadaan Menara Eifell dan Musée du Louvre yang menjadi ciri khas di kota tersebut.

Meskipun saat ini mengambil gambar di menara Eiffel di malam hari dikategorikan sebagai perbuatan ilegal, namun tidak mengurangi daya tarik para turis untuk berkunjung ke kota ini.

Selain kedua tempat yanng disebutkan, lokasi lain seperti Arc de Triomphe, istana Versailes dan Pont de Arts menjadi destinasi menarik bagi turis. Arsitektur klasik khas eropa yang terdapat pada bangunan tersebut menjadi semakin apik jika diabadikan di Instagram.

Peringkat keenam diperoleh oleh Los Angeles. Sebagai basis Hollywood, kota ini dijuluki "Ibu Kota Hiburan Dunia". Di sinilah terdapat perusahaan sekaligus orang yang memimpin pembuatan produksi televisi, permainan video, dan musik rekaman kelas dunia.

Banyaknya bisnis hiburan di kota ini mendorong banyak selebriti menetap di Los Angeles dan pinggiran kotanya.

Selain hiburan, Los Angeles juga merupakan  pusat dunia bisnis, perdagangan internasional, budaya, media, mode, ilmu pengetahuan, olahraga, teknologi, dan pendidikan terdepan.

Selain itu, kota yang mendapat julukan City of Angels ini merupakan kota terkaya ketiga di dunia sekaligus kota paling kuat dan berpengaruh kelima di dunia.

St Petersburg menjadi kota kedua Russia yang masuk dalam daftar kota terpopuler ketujuh di dunia versi Instagram, setelah Moskow.

St. Peterburg merupakan pusat industri, ilmu, dan budaya yang penting serta mempunyai industri mesin, besi, baja, kimia, dan pangan di Rusia. Tidak hanya itu, kota ini telah mempunyai sistem kereta bawah tanah sejak 1955.  

Di kota ini terdapat  banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja teater Mariinskiy dan masih banyak teater opera dan balet lainya.

Selain teater, ada juga museum-museum yang menyimpan berbagai benda sejarah dunia. Sebut saja museum Hermitage yang memamerkan koleksi lukisan, patung, dan permadani dari seluruh penjuru dunia. Museum Russky Muzey yang menyimpan koleksi seni lukis Rusia.

Selain dua museum itu, museum Antropologi dan Etnologi merupakan salah satu yang wajib dikunjungi. Pasalnya, museum ini memiliki koleksi etnografi Indonesia.

Ada juga banyak tempat yang merupakan peninggalan masa lalu, antara lain patung Peter yang Agung, Istana Musim Dingin, Benteng Petropalovskaya di Pulau Zayachy, Taman Musim Panas, dan Katedral Isaakievskiy.

Tidak jauh dari situ, terdapat Istana Peterhof yang memiliki taman indah dan penuh air mancur. Sangat cocok untuk diabadikan di Instagram.

Kota tersibuk di Indonesia ini mendapat peringkat delapan sebagai Kota terpopuler di dunia.

Ibu Kota Indonesia ini terkenal di dunia dengan lalu lintasnya yang tinggi, bangunan bertingkat tinggi yang melimpah, serta pusat perbelanjaan.

Meski tak seindah beberapa pulau lain yang tak kalah indah dan memang menjadi destinasi wisata di Indonesia, namun Jakarta mampu menarik pengunjung lantaran memiliki perpaduan budaya serta gaya hidup kosmopolitan yang cepat.

Istanbul menempati urutan kesembilan sebagai kota terpopuler di dunia versi Instagram. Tak heran mengingat Kota Seribu Masjid ini memiliki bangunan dengan arsitektur indah yang merupakan perpaduan budaya Eropa dan Timur Tengah.

Karena keindahannya, Kota ini tidak hanya diburu oleh wisatawan, tapi juga fotografer profesional.
   

Barcelona menutup daftar 10 kota populer dunia versi Instagram. Tempat ini adalah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Katalonia.

Bagi penggemar sepak bola, kota ini tentunya tidak asing lagi. Salah satu klub besar Eropa, Barcelona FC bermarkas di kota ini, tepatnya di Camp Nou.

Selain Camp Nou, Mahakarya Antoni Gaudi seperti Casa Battlo, Parc Guell, Casa Mila, Sagrada Familia menjadi destinasi wisatawan dan fotografer untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Tidak lupa lukisan-lukisan ternama Salvador Dali, pantai, hingga beragam festival menarik yang dihelat di kota ini, sering kali memberikan pengalaman foto yang tak ternilai bagi para pelancong di Barcelona.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/06/07522177/jakarta-ungguli-istanbul-dan-barcelona-di-instagram

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Pengguna Indosat Ooredoo Keluhkan Gangguan Selasa, 17 Mei Malam

Pengguna Indosat Ooredoo Keluhkan Gangguan Selasa, 17 Mei Malam

Internet
Elon Musk Ancam Tak Lanjutkan Akuisisi Twitter Gara-gara Akun Bot dan Spam

Elon Musk Ancam Tak Lanjutkan Akuisisi Twitter Gara-gara Akun Bot dan Spam

e-Business
Cara Aktifkan Izin Lokasi untuk Daftar Prakerja Gelombang 29 di HP Android, iPhone, dan Laptop

Cara Aktifkan Izin Lokasi untuk Daftar Prakerja Gelombang 29 di HP Android, iPhone, dan Laptop

e-Business
Oppo A16K Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Oppo A16K Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Gadget
Apple Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Ini Fitur Barunya

Apple Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Ini Fitur Barunya

Software
Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Disebut Sudah Masuk Tahap Produksi

Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Disebut Sudah Masuk Tahap Produksi

Gadget
Elon Musk Tunda Pembelian Twitter gara-gara Akun 'Bot', Bos Twitter Menjelaskan

Elon Musk Tunda Pembelian Twitter gara-gara Akun "Bot", Bos Twitter Menjelaskan

Internet
Infinix Note 12 VIP Meluncur dengan Pengisi Daya Cepat 120 Watt

Infinix Note 12 VIP Meluncur dengan Pengisi Daya Cepat 120 Watt

Gadget
Apex Legends Mobile Meluncur Global, Pemain di Indonesia Wajib Download Ulang

Apex Legends Mobile Meluncur Global, Pemain di Indonesia Wajib Download Ulang

Software
Jadwal Pertandingan Timnas Mobile Legends Indonesia di SEA Games 2021, Mulai Besok 18 Mei

Jadwal Pertandingan Timnas Mobile Legends Indonesia di SEA Games 2021, Mulai Besok 18 Mei

Software
Klasemen PUBG Mobile SEA Games 2021, Timnas Indonesia 'Belum Panas'

Klasemen PUBG Mobile SEA Games 2021, Timnas Indonesia "Belum Panas"

Internet
Menhub Budi Karya Pamer Keberhasilan Penanganan Mudik Lebaran 2022 di Changi Aviation Summit

Menhub Budi Karya Pamer Keberhasilan Penanganan Mudik Lebaran 2022 di Changi Aviation Summit

Internet
Samsung Luncurkan Galaxy Tab S6 Lite versi 2022, Siap Masuk Indonesia?

Samsung Luncurkan Galaxy Tab S6 Lite versi 2022, Siap Masuk Indonesia?

Gadget
Elon Musk Debat dengan Jack Dorsey soal Algoritma Twitter

Elon Musk Debat dengan Jack Dorsey soal Algoritma Twitter

Internet
Resmi Dibuka, Changi Aviation Summit Jadi Momentum Kebangkitan Penerbangan

Resmi Dibuka, Changi Aviation Summit Jadi Momentum Kebangkitan Penerbangan

e-Business
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.