Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Android Kini Bisa Kirim SMS dari Komputer, Begini Caranya

Mekanisme peralihannya sama seperti WhatsApp untuk desktop. Pengguna cukup membuka situs (messages.android.com) di browser komputer, lantas laman akan menunjukkan QR Code untuk dipindai (scan).

Ambil smartphone, buka aplikasi Messages (SMS), tekan menu tiga titik, dan pilih opsi “Messages for web”. Scan QR Code yang ditampilkan pada situs di desktop, lalu Anda bisa mulai bertukar SMS, MMS, atau rich communication service (RCS).

RCS adalah protokol komunikasi dalam bentuk seperti chat (bisa bertukar GIF, tautan/link URL, foto, video, obrolan grup, dll) yang hanya berlaku antar-pengguna. Bisa antar-pengguna jenis ponsel tertentu, antar-pengguna operator seluler tertentu, atau antar-pengguna sistem operasi tertentu.

Konsep RCS pada Android Messages serupa dengan “iMessage” milik Apple. Jika iMessage eksklusif untuk pengguna iOS, maka Android Messages pun dirancang khusus untuk pengguna Android.

Meski sudah diumumkan resmi, fitur Android Messages untuk desktop sepertinya tersedia secara perlahan. Pasalnya, ketika KompasTekno coba, belum tersedia pilihan "Messages for web".

Fitur yang lebih kaya

Selain memungkinkan akses desktop, Android Messages juga dilengkapi beberapa pembaruan fitur. Salah satunya “GIF Search” yang memungkinkan pengguna mencari dan mengirim GIF sesuai konteks untuk menunjang percakapan.

Pengguna juga bisa memanfaatkan “Smart Reply” yang sebelumnya dibenamkan pada Gmail. Fitur itu akan menghemat waktu pengguna untuk membalas pesan-pesan tertentu secara otomatis.

Tautan-tautan yang dikirim teman juga bisa dilihat lebih dulu secara singkat alias preview, sebelum benar-benar membukanya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/6/2018), dari blog resmi Google.

Diketahui, Google gencar menggarap Android Messages pasca menangguhkan layanan pesan singkat “Allo”. Pasalnya, Allo kurang mendapar respons positif dari masyarakat. Lantas apakah Android Messages akan digunakan secara masif? Kita lihat saja.

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/19/08285687/pengguna-android-kini-bisa-kirim-sms-dari-komputer-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke