Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Momen Dramatis Jembatan Lengkung Kuningan Tersambung, Direkam dalam Video "Timelapse"

KOMPAS.com - Pekan lalu, perusahaan konstruksi PT Adhi Karya Tbk. mengunggah sebuah postingan video menarik di akun Instagram-nya.

Unggahan tersebut merupakan video momen dramatis detik-detik tersambungnya Jembatan Lengkung (long span) Kuningan LRT Jabodebek, yang direkam secara timelapse, atau perekaman video yang dipercepat.

Video tersebut diawali dengan kondisi di mana jembatan yang terletak di atas persimpangan Jl. HR Rasuna Said masih terpisah dengan jembatan yang terletak di atas Jl. Gatot Subroto.

Menurut penuturan admin Instagram @adhikarya yang membalas beragam komentar netizen yang dihantui rasa penasaran, proses penyambungan long span yang diklaim terbesar di dunia dan tahan gempa ini memakan waktu kurang lebih 6 bulan.

Menarik melihat pembangunan proyek transportasi pemerintah ini ternyata dipantau melalui kamera dan dijadikan sebuah video gerak cepat. Lantas, apa sebenarnya video timelapse?

Apa itu timelapse? Bagaimana cara membuatnya?

Seperti telah disebutkan di atas, timelapse merupakan sebuah metode dalam bidang fotografi di mana pengguna bisa membuat video gerak cepat.

Biasanya, video yang direkam menggunakan metode timelapse memiliki durasi yang jauh lebih pendek dibandingkan waktu yang ditempuh di dalam video.

Misalnya, video penyambungan jembatan LRT ini hanya berdurasi 40 detik, sementara proses penyambungannya memakan waktu sekitar 6 bulan. Nah, untuk membuat video timelapse, pengguna cukup menyiapkan kamera atau smartphone yang sudah mendukung fitur tersebut.

Kemudian, pengguna bisa memilih opsi timelapse, dan lantas langsung menjepret objek yang ingin direkam. Posisikan kamera atau ponsel dalam posisi diam, bisa menyandarkannya atau dengan bantuan tripod, hingga waktu yang diinginkan.

Penggunaan tripod atau semacamnya dibutuhkan agar video timelapse stabil tanpa getaran ketika dipercepat.

Tak hanya bisa dihasilkan dari merekam saja, video timelapse juga bisa dihasilkan dari ratusan bahkan ribuan foto yang digabungkan menjadi sebuah video, dengan aplikasi editing video yang banyak tersebar di dunia maya.

Metode penggabungan foto ini bisa diandalkan jika kamera atau smartphone pengguna tidak memiliki fitur perekaman timelapse.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/27/10380047/momen-dramatis-jembatan-lengkung-kuningan-tersambung-direkam-dalam-video

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke