Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 10 YouTuber Terkaya 2019 dan Link Video Terpopulernya

Forbes mengestimasikan pendapatan para YouTuber ini dari penghasilan sebelum pajak dari iklan, konten sponsor, penjualan merchendise, dan tur. Daftar ini banyak diisi oleh YouTuber gaming.

Namun yang cukup menarik, puncak posisi dihuni oleh YouTuber berusia delapan tahun bernama Ryan Kaji. Ia berhasil unggul di atas youTuber dewasa lain, termasuk YouTuber beken, PewDiePie.

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Minggu (22/12/2019), kesepuluh YouTuber teratas ini meraup pendapatan hingga 162 juta dollar AS (sekitar Rp 2,2 triliun) apabila ditotal.

Jumlah tersebut sekilas sangat banyak, tapi ternyata turun sekitar 10 persen dari total pendapatan 10 YouTuber teratas versi Forbes tahun lalu yang berkisar 180 juta dollar AS.

Lantas, siapa saja YouTuber dengan pendapatan paling banyak dari YouTube tahun ini? Berikut daftarnya berikut link video dengan penonton paling banyak pada masing-masing channel.

1. Ryan Kaji 

Ryan Kaji, pemilik kanal Ryan's World meraup pendapatan yang diestimasikan sekitar 26 juta dollar AS (Rp 363,9 miliar). Ia masih bercokol di nomor satu YouTuber terkaya di dunia.

Konten video yang dibuat Ryan banyak berisi ulasan mainan sesuai demografi penontonnya. Karena usianya yang masih belia, kanal Youtube Ryan's World dijalankan keluarganya, termasuk ayah dan ibu Ryan yang juga kerap muncul di video.

Ryan memulai karir YouTube sejak tahun 2015. Kala itu ia menampilkan unboxing mainan dengan durasi lima menit. Lambat laun, Ryan's ToysReview menarik lebih banyak penonton dan mulai populer.

2. Dude Perfect

Kanal YouTube berisikan lima sekawan ini naik satu tingkat ke posisi kedua dengan estimasi pendapatan 20 juta dollar AS (Rp 280 miliar). Kanal ini fokus pada hiburan olahraga berisikan si kembar Cory dan Coby Cotton, dan sahabat mereka, Garret Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney.

Keunikan konten mereka adalah, mereka kerap memainkan olahraga umum namun dengan cara yang unik. Seperti di video "All Sports Bowling Battle" misalnya, mereka ditantang memainkan bowling namun dengan bola golf atau kelereng.

3. Nastya 

Anastasia Radzinskaya atau dikenal dengan Nastya adalah YouTuber yang lain di Rusia bagian selatan 2014 lalu. Gadis berusia lima tahun ini adalah pemilik kanal YouTube Like Nastya Vlog yang meraup pendapatan 18 juta dollar (sekitar Rp 525 miliar).

Mirip dengan isi konten Ryan Kaji, Nastya juga sering membuat vlog dengan mainan ditemani sang ayah.

4. Rhett and Link 

Duo komedian Rhett McLaughlin and Link Neal adalah bintang utama kanal YouTube Good Mythical Morning yang meraup pendapatan 17,5 juta dollar AS (sekitar Rp 245 miliar). Konten mereka kebanyakan memang berisikan video komedi nan menghibur.

Misalnya saja yang baru-baru ini mereka unggah saat membahas barang teknologi jadul bersama Youtuber teknologi Marques Brwonlee.

5. Jeffree Star 

Tidak hanya YouTuber, Jeffree Star juga dikenal sebagai make up artist, pencipta lagu, DJ, hingga selebriti internet. Forbes mengestimasi pendapatannya dari YouTube sebesar 17 juta dollar AS (sekitar Rp 238 miliar).

Ia juga membuat merek produk kecantikan sendiri bernama Jeffree Star Cosmetic. Sebelum beken di YouTube, Jeffree Star juga pernah menjadi orang paling banyak diikuti di jejaring sosial MySpace. Di MySpace, Jeffree Star kerap mempromosikan karya musiknya.

6. Preston Arsement 

Preston Blaine Arsement yang sebelumnya dikenal dengan nama YouTube PrestonPlayz mulai populer setelah banyak membuat konten berisi Minecraft Gaming. Saat ini, ia meraup pendapatan sekitar 14 juta dollar AS (sekitar Rp 196 miliar).

Dia tidak hanya memiliki satu kanal. Preston juga memiliki kanal lain bernama PrestonMobile dan TBNRFrags, di mana kanal terakhir banyak berisikan video Fortnite. Namun, konten YouTube Preston kini makin beragam. Tidak hanya gaming, ada pula vlog seputar keluarganya.

7. PewDiePie 

YouTuber yang popularitasnya berawal dari konten gaming ini cukup menarik perhatian. Ia lumayan kontroversial tahun ini, terutama saat adu banyak subscriber dengan kanal YouTube rumah produksi asal India, T-Series.

Meski kalah, subscriber PewDiePie tetap masuk jajaran atas YouTuber dunia. Namun secara pendapatan, PewDiePie berada di posisi ketujuh dengan total pendapatan 13 juta dollar AS (sekitar Rp 182 miliar).

Kabar terakhir menyebut, PewDiePie berencana rehat dari dunia YouTube, meski di kanal YouTube milknya masih ada video baru yang diunggah.

8. Markiplier 

Markiplier atau bernama lengkap Mark Edward Fischbach adalah salah satu YouTuber yang kini berdomisili di Amerika Serikat. Isi konten video pria asal Honoluu, Hawaii ini juga beragam.

Mulai dari gaming, komedi dalam bentuk sketsa, parodi dalam bentuk animasi dan sebagainya. Sebenarnya, Forbes memposisikan Markiplier di posisi yang sejajar dengan PewDiePie. Sebab, total pendapatan keduanya sama, yakni 13 juta dollar AS (sekitar Rp 182 miliar).

9. Daniel Middleton 

Masih dari YouTuber gaming, di urutan ke sembilan ada kanal YouTube DanTDM yang dimiliki oleh YouTuber Daniel Middleton. YouTuber asal Inggris ini kerap mengunggah video gaming Minecraft di kanalnya.

Namun, ada pula game lain seperti Fortnite yang juga ia unggah. Forbes mengestimasi pendapatan Daniel sebesar 12 juta dollar AS (168 miliar) tahun ini.

10. Evan Fong 

Evan Fong adalah pemilik kanal YouTube VanossGaming. Agak berbeda dengan YouTuber gaming di daftar ini lainnya, ia fokus menjadi komentator game.

Game populer yang banyak muncul di kanalnya adalah GTA dan Black Ops 3 Zombie. Pendapatan Fong dari YouTube yang diestimasikan Forbes sebesar 11,5 juta dollar AS (sekitar Rp 161 miliar).

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/22/19200097/daftar-10-youtuber-terkaya-2019-dan-link-video-terpopulernya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke