Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Foto "Night Mode" iPhone Terbaik Pilihan Apple

KOMPAS.com - Apple mengumumkan pemenang lomba fotografi mode malam. Lomba ini menjaring peserta yang menggunakan ponsel iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Kontes yang telah dimulai sejak awal Januari ini dimenangkan oleh enam pengguna iPhone, yang berasal dari Rusia, Cina, India, dan Spanyol. Foto-foto pemenang telah dipublikasikan pihak Apple melalui akun Instagram resminya.

Di sisi lain, sesuai dengan syarat lomba dari Apple, para pemenang juga diminta mengunggah fotonya di akun media sosial pribadi mereka dengan tagar #ShotoniPhone dan #NightmodeChallenge.

Foto-foto hasil jepretan pemenang dipilih oleh para juri, yakni Malin Fezehai (AS), Tyler Mitchell (AS), Sarah Lee (Inggris), Alexvi Li (Cina), Darren Soh ( Singapura), Phil Schiller, Kaiann Drance, Brooks Kraft, Jon McCormack dan Arem Duplessis.

1. Konstantin Chalabov

Konstantin Chalabov asal Moskow, Rusia berhadil meraih juara pertama. Konstantin memotret sebuah foto eksotik di sebuah gurun salju, dengan menggunakan mode malam iPhone 11 Pro.

Menurut Schiller, foto Konstantin adalah hasil fotografi yang memiliki cerita tersembunyi yang menciptakan banyak pertanyaan, apa yang telah terjadi di sebuah tempat terpencil itu.

"Ini menantang kita dengan pertanyaan menarik - 'Di mana pengemudi? Kemana mereka pergi? Kenapa berhenti di sini? ' Kabut dingin menembus lereng bukit Rusia yang biru dan tanah yang tertutup salju, membingkai kendaraan yang sunyi dengan lampu merah terang yang mengisyaratkan bahaya yang tidak diketahui," ujar Schiller.

2. Andrew Manuilov

Pemenang kedua adalah Andrew Manuilov yang juga berasal dari Moskow, Rusia. Andrew mengabadikan foto tersebut dengan iPhone 11 Pro Max.

"Sebagai seorang fotografer arsitektur, saya tertarik oleh perspektif satu titik gambar yang dapat mengarahkan pemirsa masuk ke dalam foto," ujarnya.

Menurut Darren, foto itu menggambarkan sebuah suasana yang gelap dan sepi. Mode Malam pada iPhone yang digunakan Andrew memungkinkan penikmat foto merasakan suasana yang terjadi saat itu. 

3. Mitsun Soni

Pemenang ketiga Adalah Mitsun Soni yang berasal dari Mumbai, Maharashtra, India. Mitsun mengabadikan suasana malam di kota Dubai dengan menggunakan iPhone 11 Pro.

"Yang ini mengejutkan saya. Saya tidak tahu dari mana cahaya merah itu berasal dari atas pohon. Seperti ada UFO di balik foto itu," ujarnya.

Sementara juri lainnya, Arem Duplessis mengatakan komposisi foto pohon dan tanah merah yang dipasangkan dengan langit malam, merepresentasikan sebuah film fiksi ilmiah.

4. Rubén P. Bescós

Pemenang keempat Rubén P. Bescós yang berasal dari Pamplona, Navarra, Spanyol. Ruben memotret fotonya dengan iPhone 11 Pro Max.

Sedangkan juri lainnya, Alexvi Li mengatakan,"Komposisi sederhana ini secara cepat menarik penikmat foto ke dalam sebuah cerita, sambil memberikan kualitas gambar yang bagus," ujarnya.

5. Rustam Shagimordanov

Pemenang kelima adalah Rustam Shagimordanov, seorang fotografer yang berasal dari Moscow, Rusia. Rustam menggunakan iPhone 11untuk memotret foto di bawah ini.

"Terlihat hangat dengan cahaya yang memantul di bebatuan dan lampu di dalam rumah-rumah mungil bercat merah,” ujarnya.

Senada dengan Kaiann, Malin Fezehai mengatakan bahwa dirinya suka pada lampu yang bersinar dari rumah-rumah merah tersebut. Warna itu memberikan nuansa rasa hangat dalam cuaca dingin.

"Lapisan-lapisan pada gambar menciptakan kedalaman dan memberi saya rasa dingin dan hangat pada saat yang sama," kata Malin.

6. Yu "Eric" Zhang

Pemenang keenam adalah Yu "Eric" Zhang yang berasal dari Beijing, China. Zhang memotret foto ini menggunakan iPhone 11 Pro Max.

Berbeda dengan finalis-finalis lainnya yang mempublikasikan fotonya melalui Instagram, Zhang mempublikasikan fotonya melalui jejaring sosial China, Weibo. Namun Apple juga mempublikasikannya melalui Instagram resmi mereka.

"[Foto ini] menangkap suasana kehidupan seperti yang terjadi, tidak peduli bagaimana cahayanya. Suasana, keintiman dan tempat dalam foto ini sangat bagus. Ini benar-benar dapat membawa penikmat foto ini untuk berada di sana," tuturnya.

Apple berjanji akan membayar semua foto milik pemenang, meski tidak disebutkan nominalyang akan dibayar oleh Apple.

"Kami sangat percaya bahwa artis harus diberi kompensasi untuk jerih payah mereka dan kami akan membayar biaya lisensi untuk enam fotografer yang menang," ujar perwakilan Apple.

Semua foto tersebut memiliki kesempatan untuk ditayangkan di halaman resmi Apple, akun Instagram Apple, dan digunakan dalam kampanye digital Apple.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/05/12310057/6-foto-night-mode-iphone-terbaik-pilihan-apple

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.