Salin Artikel

Operator Seluler Catat Kenaikan Trafik Internet di Daerah Pemukiman

"Berdasarkan laporan operator seluler saat ini, terdapat lonjakan trafik (layanan data internet) di area pemukiman rata-rata 5-10 persen dari kondisi normal," papar Johnny.

Johnny tidak menjelaskan apa persisnya yang mengakibatkan kenaikan trafik internet tersebut. Namun, kemungkinan sebabnya berkaitan dengan imbauan pemerintah soal social distancing serta kerja dan belajar dari rumah untuk meredam penyebaran Covid-19.

Misalnya, menurut informasi terbaru dari Telkomsel, perusahaan pelat merah itu mengklaim adanya kenaikan trafik layanan data dan digital sejak diberlakukannya social distancing.

Kenaikan ini utamanya disumbang oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236 persen.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah selama kurang lebih dua pekan, terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan apabila nantinya lonjakan trafik terus terjadi, operator seluler akan menambah kapasitas base tranceiver station (BTS).

"Jika diperlukan, operator seluler akan mengerahkan mobile BTS di daerah-daerah overloaded," imbuh Johnny.

Lebih lanjut, tim dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo mengatakan akan terus melakukan pengukuran kualitas layanan atau quality of service. Jika ditemukan ada kendala, perusahaan telekomunikasi akan melakukan optimasi.

Situs resmi pemerintah untuk Covid-19, gratis

Kementerian Kominfo juga berharap agar operator seluler tetap berkomitmen untuk menyediakan akses internet dengan kapasitas dan kualitas pelayanan yang baik selama social distancing berlangsung.

Dalam konferensi pers tersebut, Komifo juga meluncurkan situs resmi pemerintah yang bisa diakses publik terkait pandemi Covid-19 di alamat https://www/covid19.go.id.

Situs ini baru akan aktif pada 23 Maret mendatang. Akses ke situs tersebut tidak dipungut biaya kuota alias gratis.

Johnny juga mengatakan bahwa operator seluler akan menggratiskan biaya panggilan call centre resmi pemerintah untuk COVID-19 di nomor 117 dan 119.

Ia turut mengimbau operator seluler agar menyediakan produk dan program yang mendukung program pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Kasus infeksi virus corona di Indonesia kian bertambah. Hingga hari ini, tercatat sudah ada 309 kasus positif Covid-19 di seluruh Indonesia, dengan jumlah pasien meninggal 25 orang, dan 15 orang dinyatakan sembuh.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/19/18260017/operator-seluler-catat-kenaikan-trafik-internet-di-daerah-pemukiman

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.