Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Penerjemah "Real-Time" di Gboard Sudah Bisa Dicoba

Fitur penerjemah sejatinya bukan hal baru di Gboard. Namun kali ini, Google menambahkan fungsi suara sebagai sumber kalimat yang ingin diterjemahkan.

Pengguna dapat mengetuk ikon mikrofon yang terdapat pada Gboard dan langsung mengucapkan kalimat yang ingin diterjemahkan.

Kalimat-kalimat tersebut kemudian akan diubah menjadi sebuah teks dalam sebuah kolom khusus di Gboard. Sementara terjemahannya akan ditampilkan di bagian layar

Pengguna juga dapat mengedit atau menghapus teks kalimat secara manual apabila terjadi kesalahan.

Secara keseluruhan, fitur ini mirip dengan kemampuan "Transcribe" milik Google Translate, yang telah diluncurkan sejak Maret lalu.

Fitur baru di Gboard ini mendukung berbagai bahasa, sesuai dengan yang terdaftar di Google Translate.

Meski demikian, fitur ini masih terus disempurnakan. Sebab, fitur penerjemah di Gboard ini hanya mampu menerjemahkan 200 karakter atau sekitar dua hingga tiga kalimat saja.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (17/8/2020) Google mengatakan telah merilis fitur baru ini untuk semua pengguna. Namun, masih ada pengguna yang belum mendapatkan fitur ini pada Gboard-nya. 

Dengan demikian, kemungkinan Google merilis fitur ini secara bertahap. Bagi pengguna yang tidak sabar mencicipi fitur ini, bisa mengunduh Gboard beta v9.7 melalui Google Play Store atau toko aplikasi pihak ketiga.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/17/17020067/fitur-penerjemah-real-time-di-gboard-sudah-bisa-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke