Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Ungkap Orang Indonesia Paling Doyan Buka Aplikasi Belanja

Total sesi atau kunjungan yang dicatat aplikasi belanja di Indonesia mencapai 28,5 miliar pada kuartal II-2020.

Angka itu naik 34 persen dari kuartal sebelumnya yang mencatat 21,3 miliar sesi.
Indonesia unggul jauh dari Thailand di posisi kedua dengan total sesi aplikasi belanja sebanyajk 12,9 miliar  pada kuartal II-2020.

Peningkatan paling pesat diraih Filipina yang sesi penggunaan aplikasi belanjanya naik 53 persen. Tapi total sesinya masih kalah jauh dengan Indonesia, yakni hanya 4,9 miliar, dari 3,2 miliar di kuartal I-2020.

Pada kuartal II-2020, total jumlah unduhan kategori belanja di Indonesia mencapai 40,7 miliar sehingga duduk di posisi pertama dalam hal total unduhan aplikasi belanja terbanyak di Asia Tenggara. Namun, jumlah itu menurun dua persen dari kuartal sebelumnya.

Kemungkinan hal ini dikarenakan aplikasi-apllikasi belanja sudah banyak terpasang di smartphone pengguna sehingga tak perlu diunduh lagi.

Sebaliknya, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari iPrice, Jumat (23/10/2020), e-commerce internasional mencatat kenaikan angka kunjungan sebesar 2 persen dibanding kuartal sebelumnya, menjadi 45 persen pada kuartal II-2020.

Dari lima besar e-commerce yang disorot oleh studi ini, tiga di antaranya adalah pemain lokal, yakni Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Dua e-commerce lain adalah Shopee dan Lazada yang merupakan pemain dari luar negeri.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/23/17440027/studi-ungkap-orang-indonesia-paling-doyan-buka-aplikasi-belanja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke