Salin Artikel

Google Earth Versi Android Punya Mode Timelapse Tersembunyi

Fitur tersebut diluncurkan pada 2016 lalu dan dinamai Timelapse. Fitur ini sejatinya hanya tersedia di Google Earth versi web untuk desktop atau mobile saja.

Meski demikian fitur ini ternyata juga tersedia di aplikasi Google Earth untuk smartphone Android. Namun, fitur Timelapse ini tersembunyi dan butuh cara tertentu untuk mengaksesnya. 

Hal ini terungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Kyler. Melalui akun Twitter miliknya, ia mengatakan bahwa fitur ini ternyata sudah ada dan "disembunyikan" di dalam aplikasi.

Di versi Android, fitur Timelapse bisa diakses lewat sebuah slider di bagian pojok kanan bawah aplikasi. Semakin kursor slider digeser ke kiri, maka pengguna akan semakin jauh lompat ke masa lampau.

Begitu juga sebaliknya, apabila kursor digeser ke kanan, maka pengguna bakal melaju ke kondisi di masa kini. 

Fitur ini bisa dipakai untuk "lompat" ke masa lalu hingga tahun 1938. Sementara untuk versi web sendiri, Google Earth membatasi pengguna untuk menjelajah hingga tahun 1984.

Kyler menambahkan, fitur ini sendiri bisa dicoba oleh para pengguna Android. Hanya saja, perangkat mereka harus di-root terlebih dahulu.

Root sendiri merupakan suatu metode untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan perangkat lain yang berjalan pada sistem operasi Android agar mendapatkan akses penuh dalam sistem Android.

Dengan demikian, ponsel bisa diotak-atik dengan mudah dan dipasangi dengan berbagai aplikasi dan fitur eksperimental.

Namun, cara ini memang tidak direkomendasikan untuk orang awam karena metode ini biasanya merusak garansi ponsel. Selain itu, root juga biasanya bisa membuat ponsel menjadi tidak bisa dipakai (bricked).

Kembali lagi ke fitur Timelapse, belum bisa dipastikan kapan fitur ini bakal tersedia bagi pengguna Google Earth versi Android secara resmi tanpa harus melakukan root pada ponsel. 

Yang jelas, apabila nanti tersedia, maka fitur ini kemungkinan hanya bisa dipakai untuk melihat sejumlah wilayah saja.

Sebab, pemetaan di berbagai wilayah, begitu juga teknologi pencitraan di kala itu, mungkin saja sangat terbatas dan tidak secanggih sekarang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (16/3/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/16/19280057/google-earth-versi-android-punya-mode-timelapse-tersembunyi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.