Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi, Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah "Like"

Setelah diuji coba beberapa waktu lalu, Instagram akhirnya resmi menghadirkan fitur menyembunyikan hitungan "likes" di platformnya. Fitur ini juga hadir di jejaring sosial Facebook.

Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri dalam sebuah unggahan melalui akun Instagram resminya, Rabu (26/5/2021).

"Mulai hari ini, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah like pada unggahan orang lain dan pada unggahan Anda sendiri, sehingga orang tidak dapat melihat jumlah like yang Anda dapatkan," kata Mosseri.

Menurut Mosseri, fitur ini akan lebih banyak memberikan pengguna kendali atas pengalamannya saat menggunakan aplikasi milik Facebook tersebut.

Dengan hadirnya opsi untuk menghilangkan jumlah like ini, Instagram ingin penggunanya bisa lebih fokus pada pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak like.

"Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial," ujar pihak Instagram beberapa waktu lalu.

Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan jumlah "like" di unggahan miliknya.

"Caranya, ketika membuat unggahan, pergi ke 'advanced settings' lalu aktifkan opsi 'hide like and view counts'," tulis Instagram.

Menurut pantauan KompasTekno, fitur menyembunyikan hitungan "like" ini belum tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru 189.0.0.41.121 di Android. Kemungkinan fitur baru ini akan digelontorkan Instagram secara bertahap kepada penggunanya di seluruh dunia.

Sedangkan untuk Facebook, fitur ini baru akan hadir dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/5/2021).

Pengguna bisa menyembunyikan hitungan "like" di Facebook dengan pergi ke menu "settings" > "news feed settings" > "reaction counts" > "hide number of reactions".

Pengguna nantinya akan diberikan dua opsi yaitu untuk menyembunyikan jumlah "likes" di unggahan orang lain, atau di unggahan miliknya sendiri.

Untuk mengaktifkannnya, pengguna tinggal menggeser tombol toggle ke arah on pada opsi yang diinginkan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/27/07290037/resmi-pengguna-instagram-dan-facebook-kini-bisa-sembunyikan-jumlah-like-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.