Salin Artikel

Tokyo Game Show 2021 Digelar Online, Pengunjung Bisa Hadir Virtual Pakai VR

Namun, ada yang berbeda untuk tahun ini. Pasalnya meski digelar secara online, pengunjung tetap bisa merasakan sensasi berkunjung langsung ke TGS 2021.

TGS 2021 ini akan bisa dinikmati oleh para penggemar dengan bantuan teknologi virtual reality (VR) melalui sejumlah perangkat VR yang mendukung.

Dengan bantuan VR, pihak penyelenggara mengklaim penggemar bisa menikmati pameran yang bakal digelar secara online mulai 30 September tersebut layaknya mereka berjalan-jalan di venue TGS 2021 secara fisik.

Pihak penyelenggara Tokyo Game Show (TGS) 2021, Computer Entertainment Supplier's Associaction (CESA), juga secara resmi mengumumkan jadwal pameran game tahunan tersebut.

Menurut CESA, pemanfaatan teknologi VR dalam sebuah event sejatinya merupakan sebuah eksperimen yang bisa diterapkan di beberapa event serupa di masa yang akan datang.

Untuk menyaksikan TGS 2021 melalui teknologi VR, pengunjung membutuhkan kacamata VR yang mendukung. Di antaranya seperti Oculus Quest 1, Oculus Quest 2, Oculus Rift, dan HTC Vive.

Pengguna Oculus Quest 1 dan Oculus Quest 2 bisa menyaksikan TGS 2021 langsung dari perangkat tanpa harus tersambung ke komputer (PC), asalkan mereka memiliki koneksi internet minimal 20 Mbps.

Sementara pengguna Oculus Rift dan HTC Vive harus menyambungkan perangkatnya dengan PC Windows 10/macOS supaya bisa menikmati TGS 2021 secara virtual. Adapun spesifikasi minimal PC yang harus dipenuhi sebagai berikut.

Oculust Rift/HTC Vive

  • Perangkat: Oculus Rift/Rift S, Oculus Link, HTC Vive
  • OS: Windows 10
  • CPU: Intel Core i5-7500 ke atas
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1060 ke atas
  • RAM 8 GB ke atas
  • Storage: 10 GB ke atas
  • Koneksi internet: 20 Mbps ke atas

CESA belum menjelaskan bagaimana cara untuk menikmati TGS 2021 secara VR. Namun, penggemar bisa melihat informasi selengkapnya mengenai TGS 2021 VR melalui tautan berikut ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengonfirmasi bahwa TGS 2021 akan diikuti oleh sejumlah pengembang game asal Indonesia secara online karena situasi pandemi.

Menurut Sandiaga, event tersebut bisa dimanfaaatkan untuk menunjukkan kualitas game Indonesia di industri game internasional. Selain TGS 2021, Indonesia juga ikut serta di ajang Gamescom 2021 Agustus lalu.

"Kami sudah lihat contoh game, seperti dari Kediri dan Yogyakarta, luar biasa. Kita punya potensi yang sangat menjanjikan," ujar Sandiaga, dikutip KompasTekno dari Antaranews, Kamis (2/9/2021).

Sandiaga menambahkan, keikutsertaan Indonesia di ajang sekelas TGS 2021 atau Gamescom 2021 didasari dari kontribusi positif subsektor games terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional tahun 2020.

Berdasarkan data dari Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020/2021, subsektor aplikasi dan game developer menyumpang sebesar Rp 24,88 triliun terhadap PDB negara.

Lantas, siapa saja developer game dari Indonesia yang bakal ikut ajang TGS 2021? Selengkapnya bisa disimak dalam daftar berikut.

1. 4happy Studio
2. Agate
3. Algorocks
4. Ayoo Kreasi
5. Big Fire Studio
6. Engram Interactive
7. Extra Life Entertainment
8. Gambir tudio
9. GameChanger Studio
10. Joyseed Gametribe
11. Lyto
12. PT Megaxus Infotech
13. PT Melon Indonesia
14. Rainman Studios
15. Satriver Studio
16. Seraph Games
17. Vertwo
18. Wisageni Studio
19. Xelo Games

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/02/11360087/tokyo-game-show-2021-digelar-online-pengunjung-bisa-hadir-virtual-pakai-vr

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.